Benarkah Membuat Pancake yang Sempurna itu Sulit?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 20 Feb 2018 18:35 WIB
tips memasak
Benarkah Membuat Pancake yang Sempurna itu Sulit?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Pancake ala Inggris atau crumpet adalah makanan yang cukup digemari banyak orang. Makanan yang diolah dengan cara fermentasi ini umumnya memiliki permukaan berlubang. Mengapa bisa demikian?

Program Food Unwrapped di Channel 4 berhasil mengungkap mengapa crumpet memiliki banyak lubang di permukaan luar, yang ternyata berkaitan dengan pembentukan buih selama proses fermentasi.

Dalam kunjungannya ke pabrik Warburtons, presenter Kate Quilton menemukan bahwa bentuk buih tersebut muncul karena adonan dibiarkan berfermentasi dan dan dihangatkan (pada suhu sekitar 40 derajat Celcius) selama beberapa jam.

Kemudian, crumpet dimasak dan dimasukkan pada piring panas yang dalam, sehingga buih akan melebar. Uap dari piring akan naik ke atas melalui adonan dan mendorong gelembung ke permukaan. Proses tersebut terjadi secara berulang.

"Panasnya piring panas menyebabkan gelembung melebar dan uap yang dihasilkan dibawahnya akan mendorong gelembung-gelembung itu melalui adonan," jelas manajer manufaktur tersebut.

Jadi, adalah mustahil menciptakan pancake asal Inggris dengan permukaan mulus.

 


(DEV)