Menpora Yakin West Java International Marathon Dongkrak Pariwisata

Dheri Agriesta    •    Jumat, 04 Aug 2017 13:38 WIB
pariwisatamaraton
Menpora Yakin West Java International Marathon Dongkrak Pariwisata
Ilustrasi. Foto: Antara/Abriawan Abhe

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengapresiasi perhelatan West Java International Marathon 2017 yang diadakan pada 15 Oktober 2017. Imam mengatakan kompetisi internasional ini baru pertama kali diadakan di Jawa Barat.

West Java International Marathon 2017 mengusung tema Eco Marathon. Ajang ini memiliki rute menantang dan menarik. Pelari akan melewati wilayah Ciwidey hingga Pangalengan (Malabar), Jawa Barat.

Mereka akan menikmati beragam wisata gunung, perkebunan teh, perkebunan kopi, kebun sayuran, hingga menyusuri tepi danau (Situ Cileunca).

"Ini akan menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan maraton-maraton yang pernah diadakan. Apalagi diiringi konsep "green eco" yang mendunia. Ini perlombaan yang dikemas sedemikian rupa, sehingga ada kesadaran untuk menjaga lingkungan," kata Imam lewat rilis yang diterima, Kamis 3 Agustus 2017.

Imam ingin perhelatan serupa bisa digelar di kota lain. Apalagi, kegiatan marathon bisa menarik minat banyak orang. "Untuk grand launching, diawali di Jakarta dan Kemenpora menjadi tempatnya. Dan bisa ditambah di Kementerian Pariwisata," kata Imam.

Imam juga meminta sosialisasi terhadap kegiatan ditingkatkan karena sport tourism bisa memancing wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Menpora mengapresiasi lokasi perhelatan maraton. Lokasi tersebut sudah memadai, namun masih perlu kajian untuk melihat akses yang mudah dijangkau penonton.

WJIM 2017 menargetkan 3.000 peserta. Sebagian peserta berasal dari luar negeri, khususnya daerah yang menjadi rekan dari Jawa Barat, seperti empat provinsi di Tiongkok, serta 1 provinsi di Australia, Jepang, Rusia, Belgia, dan Maroko.   

Pada kesempatan yang sama, inisiator West Java Marathon sekaligus anggota DPRD Jabar, Yunandar Eka Prawira, mengatakan jumlah wisatawan yang masuk ke Jawa Barat masih terbilang rendah. Kegiatan ini diharapkan bisa mendongkrak hal itu.

"Diharapkan meningkatkan jumlah wisatawan, melahirkan prestasi, dan meningkatnya sport tourism," kata dia.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Jabar, PTPN VIII, Pemkab Bandung, dan instansi lain. Pemilihan lokasi pun sesuai dengan konsep pariwisata Jawa Barat, gunung, rimba, lautan dan pantai (gurilap).

West Java Marathon akan digelar rutin setahun sekali dan menjadi rangkaian peringatan HUT Provinsi Jabar. Ada 4 kategori yaitu 42 km, 21 km, 10 km, dan 5 km.

Warga sekitar akan dilibatkan dalam setiap pagelaran dengan menampilkan kesenian dan kuliner khas daerah setempat. Kegiatan ini diharapkan bisa mendongkrak ekonomi masyarakat.




(UWA)