Destinasi Cantik Nusantara

Pelangi Karismakristi    •    Minggu, 01 Apr 2018 19:00 WIB
galeriindonesiakaya
Destinasi Cantik Nusantara
Wisatawan mengunjungi anjungan kampung budaya di kawasan wisata Taman Nusa, Gianyar Bali. Foto: ANT/ Fikri Yusuf

Jakarta: Indonesia kaya akan sumber daya alam dan budaya yang membuat banyak orang jatuh hati. Tak heran jika kedua hal tersebut dijadikan destinasi wisata yang menarik.

Obyek wisata tersebar di seantero wilayah Tanah Air, dengan budaya khas yang menjadi ciri tersendiri. Salah satunya, di Kota Malang, Jawa Timur, yakni Labirin Coban Rondo. Ini adalah taman labirin satu-satunya di Indonesia.

Taman labirin ini diciptakan untuk menunjukkan budaya Kota Apel ini yang mayoritas penduduknya berkebun. Konsepnya pun dibuat sama dengan labirin pada umumnya.

Ada juga Taman Nusa Bali, di Bali. Taman Nusa Bali ini konsepnya hampir sama dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta. Bedanya, Taman Nusa Bali lebih detail dalam menceritakan sejarah kebudayaan. Di sana wisatawan akan menyaksikan sejarah di setiap daerah, seperti rumah panggung, kebaya, dan lain sebagainya.

Selanjutnya beralih ke Jawa Barat, di sana ada Saung Mang Udjo yang terletak di JalanPadasuka Nomor 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung. Saung yang merupakan rumah tradisional ini mengangkat budaya Kota Kembang yang terkenal dengan cerita Tangkuban Perahu dan alat musik angklung, serta ruang serba guna yang menampilkan sanggar lokal untuk unjuk gigi.

Penasaran dengan kejutan apa yang akan disuguhkan dari masing-masing destinasi wisata ini? Saksikan selengkapnya dalam program IDEnesia episode Destinasi Cantik Nusantara pada Minggu, 1 April 2018 pukul 21.30 WIB, hanya di Metro TV.


(ROS)