Aroma Kopi Nusantara

Pelangi Karismakristi    •    Minggu, 06 May 2018 19:00 WIB
galeriindonesiakaya
Aroma Kopi Nusantara
Coffee Expert Adi W. Taroepratjeka melakukan demonstrasi penyajian kopi. Foto: MI/ Atet Dwi Pramadia

Jakarta: Kondisi tanah dan cuaca di Indonesia mendukung pertumbuhan kopi. Tak heran jika bermunculan ragam kopi dari berbagai daerah dengan ciri khasnya masing-masing.

Ragam kopi Nusantara ini semakin dicintai penggemarnya, baik dari dalam dan luar negeri. Dari kecintaannya terhadap kopi, muncul juga sejumlah pengamat kopi, seperti Adi W. Taroepratjeka.

Adi yang sejak umur 12 tahun menjadi penggemar kopi, telah berkeliling ke banyak wilayah di Indonesia untuk mencicipi kopi Nusantara. Menurutnya, kopi-kopi di Indonesia memiliki ciri khas yang nikmatnya tidak bisa didapatkan pada kopi lain.

Tak hanya kopi Nusantara, Adi juga sudah mencicipi aneka jenis kopi dari negara lain. Bagi Adi, bicara kopi tak sekadar cita rasa. Ritual minum kopi pun bak sebuah seni untuknya.

Di balik cita rasa kopi yang nikmat, ada peran barista yang meraciknya. Di Indonesia ada sebuah komunitas untuk mewadahi para pembuat kopi, yakni Barista Guild Indonesia (BGI).

Organisasi yang dibentuk pada 2012 itu menjadi daya tarik sekaligus kunci dari para pengusaha kopi di Indonesia. Dengan adanya BGI, banyak barista di Indonesia memiliki posisi yang sangat bergengsi, bahkan menjadikan profesi yang memiliki arti seni.

BGI juga memberikan pemahaman seni dan budaya di setiap penyajian kopi khas Nusantara. Bahkan tak jarang pula BGI mengadakan berbagai workshop sekaligus pelatihan bagi siapa pun yang ingin belajar meracik kopi dengan cantik dan unik.

Penasaran dengan kelanjutan ceritnya? Saksikan selengkapnya dalam Program IDEnesia dengan tema “Aroma Kopi Nusantara”, pada hari Minggu, 6 Mei 2018, pukul 21:30 hanya di Metro TV.

 


(ROS)