Adu Kuat Emak-emak di Atas Laut Togean

Renatha Swasty    •    Minggu, 12 Aug 2018 14:21 WIB
pariwisata
Adu Kuat Emak-emak di Atas Laut Togean
Lomba tarik tambak di atas laut di Togean, Sulawesi Tengah. Foto: Medcom.id/Renatha Swasty.

Togean: Keriuhan menggema di atas laut Pulau Papan, Kabupaten Tojo Una-una, Togean, Sulawesi Tengah, Jumat, 10 Agustus 2018. Teriakan semangat dari warga diberikan buat emak-emak yang tengah bertading. 

Sore itu, dua kapal berisikan masing-masing empat emak-emak saling kayuh membelakangi. Di ujung kapal belakang terbentang tali tambang.

Emak-emak dari Kabalutan dan Desa Papan tengah lomba tarik tambang di acara Togean International Oceanic Festival 2018. Uniknya, lomba diadakan di atas laut dengan sampan  sebagai media penariknya.

Delapan emak-emak adu kuat menarik tambang yang dililit di ujung masing-masing kapal dengan cara mendayung. "Ayo... dayung... dayung," teriak puluhan warga dan wisatawan dari dermaga. 

Sampan maju mundur mengikuti kekuatan mereka. Tak ada yang terlihat kelelahan.

Dengan semangat emak-emak itu terus mendayung. Yang paling kuatlah yang menang. Emak-emak dari Kabalutan yang jadi pemenang. 

"Mereka kalau ada lomba ini selalu menang, sama lomba ini mereka sudah lima kali menang," beber Darwis, panitia sekaligus warga Kadoda.

Mereka yang ikut lomba berusia sekitar 40-50 tahun. Namun, usia tak bisa jadi patokan. 

Kegiatan sehari-hari menggunakan dayung dimanfaatkan dengan baik oleh para emak-emak. Kegiatan ini sekaligus mengenalkan pada wisatawan perempuan Kepulaun Togean akrab dengan dayung.

Baca: Mendorong Togean jadi Prioritas Pariwisata

"Memang mereka kalau aktivitas ke mana-mana harus pegang dayung," 

Lomba tarik tambang dari atas sampan diikuti sembilan tim. Satu tim dari Poso, satu tim dari Dolong, dua tim dari Kabalutan, dua tim dari Papan, satu tim dari Kadoda, satu tim dari Ampana dan satu tim dari Pulau Tiga. 

Juara satu dan dua dibawa pulang emak-emak dari Kabalutan. Sementara itu, juara tiga disabet oleh emak-emak dari Pulau Tiga. 


(OGI)