Bagaimana Jika Gulai Ayam Dimasak dengan Kurma?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 09 May 2018 19:29 WIB
tips memasak
Bagaimana Jika Gulai Ayam Dimasak dengan Kurma?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bulan Ramadan semakin dekat. Berbagai sajian khas Ramadan pun mulai disiapkan. Bagi Anda yang senang berinovasi, terdapat beberapa bahan makanan dari Amerika Serikat (AS) yang dapat menambah cita rasa makanan lokal.

Chef Stefu Santosa selaku executive chef di Amuz Gourmet Restaurant Jakarta memberikan beberapa tips variasi bahan makanan yang tak biasa namun tetap enak di lidah.

Pertama, gulai ayam dengan kurma. Biasanya, kurma disajikan sebagai makanan pembuka, tetapi tidak untuk menu inovatif satu ini.

"Jadi, kurma ikut dimasak bersama gulai. Saat proses pemasakan ditambahkan juga dengan potongan buah apel Washington yang sudah dilumat," paparnya dalam temu media di Jakarta, Rabu, 9 Mei 2018.

Hasilnya, kuah akan menjadi lebih kental  lebih kental karena adanya campuran apel, dan rasa lebih manis dan gurih lebih dominan karena terdapat kurma didalamnya.

Selain itu, ia juga berinovasi dengan kue lumpur atau kue talam. Makanan basah yang biasanya menggunakan tepung terigu tersebut ditambahkan dengan bubuk kentang supaya lebih maksimal.


(Foto: Sri Yanti Nainggolan)

"Penambahan bubuk kentang supaya kue jadi lebih lembut, jadi lebih tahan lama. Biasanya kue lumpur kalau kelamaan didiamkan cepat kering, ini tidak," terangnya.

Pemakaian kentang sebagai bahan baku pengganti tepung sendiri sudah tak asing di dunia bakery, terutama untuk pembuatan donat dimana donat kentang sudah tak dianggap asing lagi.


(Foto: Sri Yanti Nainggolan)

Selain dalam bentuk bubuk, kentang juga bisa digunakan sebagai isi martabak. Agar lebih mudah dimakan, kentang lumat (mashed potato) dengan kadar kelumatan sedang lebih disarankan.

"Kalau daging mahal, jadi pilih kentang saja. Lagipula, kentang juga sifatnya mengenyangkan," tukasnya. 

Lihat video:




(DEV)