Cara Mengatasi Jet Lag pada Anak

Raka Lestari    •    Senin, 23 Jul 2018 10:00 WIB
tips wisata
Cara Mengatasi Jet Lag pada Anak
Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi jet lag pada anak-anak. (Foto: Omar Prestwich/Unsplash.com)

Jakarta: Jet lag bisa terjadi pada siapa saja karena dapat mengacaukan jam tidur seseorang yang dapat memberikan efek cukup serius. Jet lag terjadi ketika seseorang dengan cepat melakukan perjalanan melintasi beberapa zona waktu dan sering mengacaukan ritme sirkadian dan pola tidur seseorang.

Bagi orang dewasa, jet lag merupakan permasalahan yang cukup serius dan dapat mengganggu aktivitas mereka begitupun juga dengan anak-anak. 

Dikutip dari Romper, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi jet lag pada anak-anak.

1. Pertimbangkan melakukan penerbangan di malam hari
Sebisa mungkin, melakukan jadwal penerbangan di malam hari merupakan cara terbaik untuk memulai perjalanan Anda. 

"Jika melakukan perjalanan di malam hari, Anda akan memiliki waktu lebih mudah untuk meyakinkan mereka bahwa itu adalah waktu tidur," kata Danna Brumley, salah satu pemilik Earthbound Expeditions. Jika Anda beristirahat dengan baik, maka Anda pun akan mendapatkan istirahat yang cukup ketika sampai tempat tujuan. 


(Bagi orang dewasa, jet lag merupakan permasalahan yang cukup serius dan dapat mengganggu aktivitas mereka begitupun juga dengan anak-anak. Foto: Courtesy of yAOinLoVE/Fotolia)

(Baca juga: Mecegah Jet Lag dan Sakit Usai Perjalanan dengan Pesawat)

2. Menjaga tetap terhidrasi
Udara dalam kabin bisa menjadi sangat kering dan dehidrasi dapat membuat jet lag semakin buruk. Untuk itu, pastikan agar anak Anda mendapatkan cairan yang cukup selama perjalanan untuk menjaga agar mereka tetap terhidrasi dengan baik. 

3. Memberikan pisang
Ketika anak Anda terbangun di tengah perjalanan cobalah untuk memberikannya camilan. Makanan yang dapat membuat mereka nyaman seperti bubur hangat atau pisang dapat membantu mengurangi jet lag pada anak-anak. Selain itu, banan juga kaya akan potasium dan magnesium yang dapat memberikan dorongan bagi mereka untuk tidur, menurut National Sleep Fondation. 

4. Istirahat yang cukup
Jangan merencanakan perjalanan yang super padat pada hari Anda sampai di tempat tujuan. Pastikan anak-anak Anda mendapat istirahat yang cukup dan memiliki waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu setempat.

5. Mendapatkan sinar matahari alami 
Mendapatkan sinar matahari secara langsung dapat membantu untuk mengatur ulang jam tidur Anda, menurut The New York Times. Untuk itu, cobalah untuk sebisa mungkin mendapatkan sinar matahari secara langsung ketika Anda sampai di tujuan Anda. 





(TIN)