Tips agar Roti yang Mengeras Kembali Empuk

Raka Lestari    •    Minggu, 15 Apr 2018 16:03 WIB
tips & trik
Tips agar Roti yang Mengeras Kembali Empuk
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Roti yang disimpan terlalu lama akan menjadi keras dan tidak enak untuk dinikmati. Namun, selama belum kadaluwarsa, Anda masih bisa membuatnya kembali empuk seperti roti yang masih baru.

Langkah 1: Basahi roti

Mungkin sedikit terdengar aneh, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Maksudnya adalah basahi roti dengan sedikit demi sedikit air dibawah aliran air yang mengalir. Hal ini bertujuan untuk memberikan kelembaban pada bagian roti yang mengeras atau pada pinggiran roti, dan usahakan agar air tidak sampai masuk ke bagian dalam roti.

Langkah 2: Panggang roti

Atur oven pada suhu 300 derajat Fahrenheit dan letakkan roti yang sudah dibasahi tersebut. Suhu yang rendah akan membuat air pada roti menjadi hangat dan akan mengukus bagian dalam roti. Setelah 5 menit, pijat-pijat roti secara lembut. Dengan menekan roti secara lembut, Anda akan mendapatkan hasil pinggirang roti yang renyah. Anda mungkin perlu memanggang roti hingga 15 menit, tergantung pada ukuran roti dan berapa banyak air yang diserapnya.

Langkah 3: Roti Anda siap dinikmati

Setelah selesai memanggang, roti Anda sudah siap mendapatkan roti yang renyah diluar dan lembut didalam. Setelah Anda mengetahui cara untuk membuat roti menjadi renyah kembali, Anda tidak perlu membuang roti Anda yang sudah mengeras atau sudah lama lagi. Gunakan roti yang sudah kembali renyah untuk membuat sandwich, atau dengan memadukannya dengan selai favorit Anda.





(DEV)