Melihat Keindahan Wisata di Tanah Pandeglang

Yatin Suleha    •    Selasa, 17 Jul 2018 15:06 WIB
wisata
Melihat Keindahan Wisata di Tanah Pandeglang
Beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama teman, sahabat, dan keluarga di Pandeglang adalah berikut ini. (Foto: Bagus Ghufron/Unsplash.com)

Jakarta: Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan tak mau berlibur jauh, tak ada salahnya untuk menghabiskan akhir pekan di Pandeglang. Pandeglang sendiri berada di Provinsi Banten dengan luas 2.747 km² dan Kabupaten Pandeglang memiliki deretan potensi wisata yang tak kalah hebatnya dengan daerah lainnya.

Beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama teman, sahabat, dan keluarga di Pandeglang antara lain:

1. Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa. Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia yang sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. 

Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini. Pilihan transportasi yang bisa Anda temui dari Carita Anda bisa sewa kapal cepat dengan biaya Rp3.5 juta/hari. Perahu motor dari Sumur atau taman Jaya dengan biaya Rp1,8 juta/Perahu.

Jangan khawatir karena harga tanda masuk yang dikenakan hanya Rp5000 sampai dengan Rp7500 untuk Warga Negara Indonesia. Dan Rp150.000 sampai dengan Rp250.000 untuk Warga Negara Asing.

Sebelum berkunjung ke taman nasional ini, ada baiknya konfirmasikan dulu rencana kedatangan Anda ke Pusat Kunjungan Balai Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 51 Labuan. Anda juga bisa menghubungi nomor teleponnya terlebih dahulu untuk memastikan tersedianya penginapan dan kesiapan pemandu wisata.

(Baca juga: Mengundang Turis ke Bogor Barat)


(Badak Jawa, Hewan khas dari Taman Nasional Ujung Kulon dan termaksud hewan yang dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon. Foto: Dok. Ditjenpdt)

2. Curug Putri
Curug Putri merupakan salah satu curug atau air terjun yang ada di tanah Pandeglang Banten. Curug ini memiliki kolam yang cukup indah serta mengalir menjadi sungai. Keindangan kolam dan juga sungai inilah yang memiliki keuikan tersendiri, karena mengalir diantara ampitan tebing batu dengan ketinggian yang sangat luar biasa.

Rute yang bisa Anda jalani adalah dari Kawasan Carita kemudian bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki ke jalur tracking yang kurang lebih bisa ditempuh selama 15 menit. Selanjutnya melakukan tracking selama 30 menit hingga Curug Gendang. Dilanjutkan tracking 10 menit sampai pos guide dan melewati medan air selama 5 menit. Tentu pengalaman tracking ini cocok bagi Anda yang menyukai alam.

3. Pantai Tanjung Lesung
Jika Anda penikmat keindahan bawah laut, Anda tidak boleh melewatkan panorama keindahan bawah laut yang ada di Tanjung Lesung ini. Pantainya yang menjorok ke laut memungkinkan untuk Anda mencoba kegiatan snorkeling. Bahkan bagi Anda yang tidak bisa berenang sekalipun bisa bersnorkeling di bibir pantai. Nikmati keindahan terumbu karang dan berbagai macam biota laut yang ada di dalam laut.

Rute menuju ke pantai yang indah ini bisa Anda tempuh dari tol Jakarta Merak kemudian keluar melalui pintu gerbang tol Serang Timur setelah melalui kota Serang lalu lanjutkan ke arah kota Pandeglang-Labuan kemudian sampai ke Pantai Tanjung Lesung. Anda hanya dikenakan harga tanda masuknya sebesar Rp40.000.




(TIN)