Restoran dengan Menu Nusantara Segera Buka di Menteng

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 13 Mar 2017 11:38 WIB
kuliner jabodetabek
Restoran dengan Menu Nusantara Segera Buka di Menteng
(Foto: Sri Yanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Restoran yang menyajikan menu nusantara makin jarang ditemukan di Jakarta. Tetapi, sebentar lagi Anda bisa dengan mudah menemukannya.. Pada Mei mendatang, perusahaan PTT Family akan membuka Kaum, restoran yang menyajikan hidangan nusantara.

Kaum, yang memiliki arti suku, adalah restoran dengan konsep penyajian cita rasa asli dari budaya kuliner Indonesia yang terinspirasi dari berbagai suku Indonesia.  Setelah sukses memuaskan lidah para pecinta masakan nusantara di Hong Kong dan Bali, Kaum akan membuka cabang di Jakarta pada Mei tahun ini dengan lokasi di daerah Menteng.

"Menu untuk cabang Jakarta akan berbeda dengan cabang di Hong Kong dan Bali. Jika di Hong Kong kami mengandalkan teknik memasak, di Jakarta akan sama seperti Bali, mengandalkan bumbu yang digunakan," jelas Brand Director Kaum saat dalam pra-peluncuran Kaum, belum lama ini.

Keistimewaan restoran ini adalah bekerja sama dengan komunitas suku terpencil dan produsen lokal untuk mengembangkan konsep dan menelusuri bahan dan teknik memasak Indonesia. Tujuannya, untuk mencerminkan warisan budaya Indonesia dan menciptakan sebuah dialog baru untuk cita rasa eksploratif.

Salah satu bumbu alami yang digunakan adalah garam laut Amed yang hanya diproses oleh 32 pengrajin di Bali Timur. Ciri dari garam ini adalah rasa lembut dan tidak pahit karena proses pembuatannya yang menggunakan batang kelapa tua.

Untuk urusan menu, tentunya makanan yang dihidangkan tidak terlalu berbeda dengan apa yang disajikan di dua cabang sebelumnya. Hanya saja, ada beberapa hal yang diubah.

"Misalnya untuk menu Sate Buntel untuk penyajian di Jakarta tidak dibalut dengan lemak perut kambing, tetapi kalau di Bali, iya. Pada menu juga akan dilengkapi acar rujak dan sambal yang terdiri dari lokio dan akar buah bit," terangnya.



Selain itu, ada juga Ayam Kampung Berantakan. Dari namanya, menu ini mengesankan gabungan dari beberapa bumbu dan bahan makanan. Kenyataannya memang benar.

"Ayam kampung berantakan adalah ayam kampung yang diberi berbagai macam bumbu lokal untuk memberi cita rasa tradisional yang menggoyang lidah."

Menu lain yang tak ketinggalan hadir di cabang Jakarta, antara lain Gulai Udang Aceh, Lidah Sapi Bakar, Bobor Daun Kelor, dan Kue Lumpur.



"Kue lumpur yang kami sajikan cukup lembut karena kami tak menggunakan parutan kelapa seperti pada umumnya, tetapi pakai santan. Selain itu, kami juga menggunakan telur bebek dalam pembuatan adonan," papar Executive chef Antoine Audran, pada kesempatan yang sama.


 


(DEV)