Enggak zaman Takut ke Luar Negeri Sendirian!

Fitra Iskandar    •    Kamis, 08 Mar 2018 21:11 WIB
Enggak zaman Takut ke Luar Negeri Sendirian!
Kenny Santana. (Foto: Instagram)

JAKARTA:  Ini benar.  Jalan-jalan sendirian itu keren lho. Kenny, blogger  wisata,  mendorong anak muda untuk pergi ke tempat baru seorang diri.  Pakar manajemen Prof Rhenald Kasali  malah memaksa mahasiswanya  untuk ‘nyasar’ di negeri asing.  Pernah tahu enggak tulisannya yang viral terutama di whatsapp.

Profesor yang mengajar di Universitas Indonesia itu  bercerita bagaimana dia mendorong mahasiswanya untuk ‘nyasar’ ke luar negeri tanpa bantuan teman dan sanak saudara. Itu dia lakukan untuk membangun mental mahasiswanya, menjadi pribadi yang memiliki kemampuan self driving (mengelola diri sendiri).

Menurut Rhenald, kemampuan mengelola diri sendiri mulai sulit ditemui pada generasi muda sekarang karena kebiasaan pola asuh orang tua yang terlalu melindungi. Kebiasaan itu secara tidak disadari membuat  kemampuan seseorang anak dalam mengambil keputusan kurang terasah. Padahal kemampuan itu penting bagi seseorang menghadapi kehidupan sehari-hari  maupun dunia profesional.


Kenny saat di Kuba. (Foto: Insagram)

Melancong, berpetualang,  jalan-jalan, atau berkunjung dengan tujuan apapun ke tempat asing, memang akan memperkaya pengalaman seseorang. Sayangnya, menurut Kenny, banyak  anak muda yang mau pergi ke luar negeri, tetapi takut, bila tidak bersama kawan seperjalanan.

Padahal, zaman sudah berubah. Ponsel cerdas, bisa sangat diandalkan untuk membantu kita supaya tidak tersesat  atau terkendala komunikasi karena perbedaan bahasa.  Dengan modal ponsel, kita bisa lihat peta dan informasi-informasi penting lainnya.

“Bahkan ketika lo ke negara yang enggak berbahasa Inggris saja, lo enggak usah takut enggak bisa baca petunjuk jalan,” kata Kenny pemilik penyelenggara wisata,  Kartupos Trip ini.
 

Baca: Ini Dia Orang yang Sering Bikin Netizen Pengin ke Luar Negeri


Negara China, Jepang, Rusia, atau pecahan Uni Soviet lain tulisannya pun beda. “Dengan fitur Bixby Vision di Samsung Galaxy A8+ misalnya, lo tinggal memfoto nama jalan dan fitur itu bisa membantu menerjemahkan tulisan. Belum lagi di situ lo bisa lihat tempat-tempat rekomendasi di sekitar,” ujar Kenny lagi.

Memang kalau punya teman yang bisa diajak berpergian ke luar negeri, itu bagus dan asyik. Namun kadang kala orang  justru  enggak jadi-jadi berangkat karena enggak ketemu teman yang mau diajak pergi bareng.

“Yang penting pergi dulu saja. Nanti semua juga berjalan sendirinya. Apalagi ke negara yang lo tahu aman,”  saran Kenny.

Ini Yang Paling Penting, Negara Mana yang Instagrammable?

Zaman berubah.  Handphone yang cuma bisa SMS-an udah masuk laci. Sekarang zaman media sosial di mana orang mau menunjukan jati diri. Di kalangan generasi milenial ada kecenderungan ingin membagi pengalaman tentang tempat yang mereka kunjungi.

Sebuah survei  menyebutkan bahwa  milenial cenderung terobsesi berpetualang ke tempat baru  daripada membeli barang baru.

 “Lo udah enggak menggunakan media sosial untuk memperlihatkan barang apa yang punya, tetapi pengalaman (experiences) apa yang udah lu beli,” kata Kenny membenarkan.

Apalagi banyak maskapai yang menawarkan paket promo, dan pengurusan visa yang semakin mudah. Negara tujuan pun berkembang. Beberapa tahun lalu Islandia dengan atraksi alam auroranya di daerah Reykjavik, atau Rusia dengan museum-museumnya yang keren dan budayanya yang menarik, jarang diminati.

Sekarang orang mulai cari negara-negara yang enggak lazim (mainstream) dikunjungi.  Islandia, Chile, Rusia, Afrika Selatan sekarang enggak ‘aneh’ lagi.  “Tetapi gue berusaha jual trip yang ‘aneh’ tetapi tetap terjangkau dan aman,” kata Kenny.

Jadi Mana Negara Mana yang Instagrammable?

Kalau kata Kenny, Turki. Kenapa? Karena  selain budaya dan bangunan yang eksotis karena menyimpan sejarah masa lalu, Turki mudah dikunjungi.  Akomodasi relatif murah (affordable). Seperti  Kenny bilang, Maret ini Ia bisa membuka trip seharga Rp13.4 Juta untuk 6 hari 5 malam dan terjual habis.


Kenny saat di Pigeon Valley Kapadokia, Turki. (Foto:Instagram)

“ Mungkin kombinasi. Lo mau insta cantik, harga enggak terlalu mahal lo ke Turki saja. Turki itu top of mind, menawarkan banyak hal dan murah,” kata Kenny menyarankan.


(FIT)