Tips Memilih Durian Matang

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 17 Aug 2017 12:48 WIB
durian
Tips Memilih Durian Matang
Buah durian yang matang dan manis biasanya memiliki aroma yang harum. (Foto: Metrotvnews.com/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi pecinta durian pasti sudah paham dalam memilih durian yang benar-benar matang. Namun, bagaimana dengan orang awam yang ingin menikmati durian. Bagaimana cara memilih durian yang matang?

Rabu (16/8/2017) lalu tim Metrotvnews.com berkesempatan mengunjungi kampung yang memiliki kebun durian 20 Hektar (Ha) di Karanganyar, Musuk, Boyolali, Jawa Tengah. Ibarat surga durian, disana ada 2.800 pohon durian dan menikmati durian yang jatuh dari pohonnya langsung.

Berbincang santai dengan Kepala Desa Karanganyar, Purwaka, ternyata ada beberapa tips untuk memilih durian yang matang, manis, dan legit. Berikut tips memilih durian:

(Baca juga: Festival Durian ala Bufet, Rp60 ribu Makan Durian Sepuasnya)



1. Pilihlah durian yang memiliki aroma yang harum
Hal ini penting selagi mengamati bentuk fisik buah yang disebut king of fruits tersebut. Buah durian yang matang dan manis biasanya memiliki aroma yang harum.

2. Perhatikan bunyi durian
Ketika memilih durian sesekali dengarkan bunyi dari durian. Pembeli bisa memukul durian dengan pisau. Jika bunyinya agak teredam kemungkinan durian sudah matang. Tetapi ketika bunyinya nyaring kemungkinan durian tersebut belum matang.

3. Hindari durian yang sudah terbelah
Durian yang matang belum terbelah. Biasanya penjual durian sengaja membelahnya untuk menarik perhatian pembeli. Padahal durian yang sudah terbuka belum tentu matang.

4. Durian montong yang manis bukanlah durian yang baru jatuh dari pohon
Hal ini harus diketahui pembeli durian ketika berkunjung atau berwisata ke kampung durian. Durian montong? yang matang biasanya adalah durian yang sudah didiamkan selama satu minggu setelah jatuh dari pohon.

5. Pilih waktu atau musim yang tepat makan durian
Durian adalah buah musiman. Jadi untuk pembeli harus sangat memahami kapan saja musim durian. Untuk musim durian di Desa Karanganyar, Purwaka menyebut akan terjadi pada Februari dan Maret. Jadi ketika anda berkunjung ke Boyolali bisa mampir mencicipi durian di desa Karanganyar. 









(TIN)