Surga Petualangan di Ujung Timur India

Wahyu Dwi Anggoro    •    Senin, 11 Dec 2017 11:59 WIB
wisata asia
Surga Petualangan di Ujung Timur India
Air terjun nohkalikai memiliki debit air lebih besar pada saat musim monsun (Foto: Wahyu Dwi Anggoro)

Shillong: Meghalaya merupakan salah satu destinasi potensial bagi para pencinta petualangan. Negara bagian India ini dianugerahi dengan deretan perbukitan, rangkaian sistem gua, dan jejeran air terjun. Negara bagian yang beribukota Shillong ini menawarkan berbagai macam kegiatan seperti trekking, caving, berkemah, memancing, dan panjat tebing.

Meghalaya termasuk ke dalam wilayah India Timur Laut yang terletak di sebelah utara Bangladesh. Tanah Meghalaya didiami oleh suku perbukitan yang sebagian besar menganut agama Nasrani. Penduduk Meghalaya memiliki ciri-ciri fisik yang mirip dengan masyarakat Asia Tenggara.


Kota shillong dapat dicapai melalui perjalanan darat selama 3 jam dari kota guwahati (Foto: Wahyu Dwi Anggoro)

Meghalaya berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Alhasil, sebagian besar daerah Meghalaya memiliki suhu udara yang cukup sejuk. Selain itu, beberapa daerah Meghalaya memiliki curah hujan yang sangat tinggi.

Shillong Peak merupakan bukit tertinggi di Meghalaya dengan ketinggian 1.961 meter. Bukit ini hanya berjarak 10 kilometer dari Kota Shillong. Dari puncaknya, kita bisa menikmati panorama Kota Shillong.


Panorama Kota Shillong (Foto: Wahyu Dwi Anggoro)

Gua Siju merupakan gua yang paling dikenal di Meghalaya. Gua ini terletak di desa Siju  di distrik Bukit Garo Selatan. Di dalam lorong gua, kita akan disambut oleh puluhan ribu kelelawar.

Air Terjun Nohkalikai merupakan air terjun tertinggi di India dengan ketinggian  340 meter. Air terjun in terletak di dekat Kota Cherrapunji. Berdasarkan legenda lokal, air terjun Nohkalikai merupakan perwujudan kesedihan seorang ibu yang ditinggal mati bayinya.

Meghalaya dapat dicapai melalui udara dari Kota Kolkata. Maskapai Air India menyediakan penerbangan harian yang menghubungkan Kota Shillong dan Kota Kolkata. Meghalaya juga dapat dicapai melalui darat dari Kota Guwahati. Kendaraan membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di Kota Shillong dari Kota Guwahati.

 


(DEV)