Kampung Merah Putih Kiom, Bekas Tempat Kumuh yang Kini Jadi Andalan Wisata Tual

Elang Riki Yanuar    •    Minggu, 28 Jan 2018 19:25 WIB
wisata
Kampung Merah Putih Kiom, Bekas Tempat Kumuh yang Kini Jadi Andalan Wisata Tual
Peresmian Kampung Merah Putih (Foto: medcom/elang)

Tual: Program Kampung Merah Putih Kiom yang berada di Tual, Maluku Tenggara akhirnya diresmikan. Tak ada lagi wajah desa yang kumuh dan lusuh. Kini, Kiom berubah menjadi andalan wisata bagi Kota Tual.  

Desa Kiom memiliki posisi strategis. Ia adalah wajah kota sehingga pemerintah kota Tual melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Tual yang diketuai Fahry Rahayaan berinisiatif mengubahnya.

"Dulu begitu masuk Kota Tual, pandangan kedua mata saya terganggu. Dari sana, kami berpikir untuk mengubah itu. Secara kebetulan, ada program dari swasta yang selaras dengan program pemerintah, Kota Tanpa Kumuh," kata Wali Kota Tual Adam Rahayaan saat peresmian Kampung Merah Putih Kiom, Sabtu 27 Januari 2018.

Pemkot mulai menganggarkan biaya untuk program rehabilitasi dan perbaikan rumah warga di Kiom. Tak hanya tampilan fisik rumah, sejumlah sanitasi dan penerangan juga diperbaiki.

Program ini kemudian mendapat sokongan dari Pacific Paint yang menyediakan cat untuk menghias rumah warga Kiom. Alhasil, sekarang begitu masuk ke Kota Tual, kita akan disuguhkan deretan rumah berwarna merah putih di pinggir laut yang memisahkan Kota Tual dengan Kabupaten Maluku Tenggara.


Kampung Merah Putih Kiom (Foto: medcom/elang)

"Berawal dari ide ini ditambah dengan kebiasaan generasi millenial yang suka fotografi dan aktif di medsos, terutama di tempat wisata, maka hadirnya kampung unik ini akan menjadi alternatif pilihan wisata yang baru. Harapan kami adalah masyarakat di sini yang luar biasa ini juga bergerak, menghidupkan kampung ini sebagai tujuan wisata," kata Direktur Pacific Paint Suryanto Tjokrosantoso.

Program Kampung Merah Putih Kiom tentu disambut baik warga setempat. Rahanar, ketua pemuda Kiom berharap kondisi baru yang dimiliki kampungnya berdampak baik pada kesejahteraan warga karena kehadiran wisatawan.


Wali Kota Tual bersama pemuda Kiom (Foto: medcom/elang)

"Kalau dulu Kiom itu kampung yang kumuh, anak-anaknya sedikit nakal pokoknya segala imej yang bersifat negatif hampir semua diberikan kepada Kiom, tapi Alhamdulilah dengan semangat yang begitu tinggi dan didukung bantuan Pemkot imej itu sedikit kami bisa atasi. Semoga dengan adanya program Kampung Merah Putih ini imej terhadap masyarakat Kiom itu sudah membaik," kata Rahanar.

 


(ELG)