Mengenal Randang di Puncak Acara Nusantara Marandang

Dhaifurrakhman Abas    •    Kamis, 29 Nov 2018 20:20 WIB
kuliner
Mengenal Randang di Puncak Acara Nusantara Marandang
Ketahui nilai luhur, historis dan budaya dari Randang di acara Nusantara Marandang. (Foto: Dok. Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas)

Jakarta: Sumatera Barat bukan hanya terkenal akan keindahan alamnya saja. Tentu juga soal ragam kulinernya. Ya, dari segala macam kuliner yang ada di ranah Minang, mungkin Randang yang paling terekam di benak kita.

Bagaimana tidak. Randang seolah haram jika tak disajikan di dapur kita. Mulai saat hari besar keagamaan, pernikahan, hingga acara hajatan.

Tapi, jika bicara soal Randang, mungkin tak banyak yang tahu filosofi Randang. Makna filosofi itu terdapat pada empat unsur utama racikan Randang.

"Sesuai unsurnya ada empat. Daging, menandakan niniek mamak atau orang yang dituakan. Lalu, santan yang menandakan cendikiawan."

(Baca juga: Jangan Gunakan Nanas Supaya Daging Rendang Empuk, Ini Alasannya)


(Tapi, jika bicara soal Randang, mungkin tak banyak yang tahu filosofi Randang. Makna filosofi itu terdapat pada empat unsur utama racikan Randang. Foto: Dok. Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas)

"Kemudian, lada mewakili kalangan ulama. Dan bumbu yang mewakili masyarakat," kata Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumatera Barat, Andre Setiawan, di Century Park Hotel, Kamis 29 November 2018.

Nah, jika tertarik mengenal lebih jauh tentang masakan paling enak di dunia ini, Anda bisa menghadiri acara Nusantara Marandang. Acara yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ini bakal diselenggarakan di Gelora Bung Karno, pada Minggu 2 Desember 2018.

"Nusantara Marandang adalah salah satu cara kami sebagai Pemprov Sumbar ubtuk menyampaikan pada masyarakat nasional dan internasional tentang nilai luhur, historis dan budaya dari Randang," ujar Andre.

Nusantara Marandang dijanjikan bakal berlangsung meriah. Diisi dengan rangkaian acara menarik seperti demo memasak Randang oleh juru masak asli berdarah Minang.

Selain itu juga dimeriahkan dengan bazaar kuliner dan pameran produk UMKM dari ranah Minang. Tak hanya itu, Nusantara Marandang juga turut menampilkan aneka seni tradisional daerah Sumatera Barat, seperti Silek, Saluang, Rabab dan Randai.

"Nusantara Marandang juga akan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) untuk kreasi terbanyak masakan randang," tandas Andre.




(TIN)