Melbourne Cricket Ground

Melihat Kemegahan Stadion Terbesar ke-10 di Dunia Milik Kota Melbourne

Hilman Haris    •    Selasa, 20 Sep 2016 17:52 WIB
wisata australia
Melihat Kemegahan Stadion Terbesar ke-10 di Dunia Milik Kota Melbourne
Melbourne Cricket Ground digunakan untuk pertandingan Australian Football serta Cricket (MTVN - Hilman)

MELBOURNE Cricket Ground (MGC) bukanlah stadion biasa. Dengan kapasitas lebih dari 100 ribu kursi, markas Hawthorn Football Club ini termasuk salah satu stadion terbesar dan termodern di dunia. Konsep elegan nan mewah terpampang jelas di seluruh sudut stadion.

Metrotvnews.com mendapat sebuah kehormatan untuk mengunjungi stadion yang terletak di Timur Melbourne tersebut pada Jumat 16 September. Terasa makin istimewa karena kami diberi kesempatan untuk menyaksikan pertandingan semifinal Australian Football League (AFL) yang mempertemukan Hawthorn Hawks melawan Western Bulldogs dari VIP Box. 

Kesan megah dan wah langsung terasa begitu tiba di depan MGC. Jika datang dengan menggunakan kereta, Anda akan dibuat terpana oleh keberadaan tiang lampu yang menjulang tinggi di atas stadion. Faktanya, MGC merupakan stadion dengan tiang lampu tertinggi di dunia. 

Hebatnya,  MGC tidak cuma menawarkan  kenyamanan dan kemegahan. Masalah keamanan dan keselamatan para penonton pun menjadi prioritas. Belasan pos kesehatan tersebar di seluruh area stadion. Jumlah pintu yang tersedia juga sangat memadai. 

Menurut pantauan Metrotvnews.com, pintu-pintu yang tersedia di MGC bisa mengeluarkan sekitar 80 ribu penonton dalam waktu belasan menit. Hal ini tentunya melegakan apabila sewaktu-waktu  ada insiden yang bisa membahayakan penonton.

“Stadion ini sangat besar. Rata-rata ada 80 ribu penonton datang ke sini jika ada pertandingan. Walau dengan jumlah masa sebanyak itu, tingkat keamanan MGC sangat baik. Fasilitas di stadion ini juga selalu siap untuk didatangi oleh ribuan penonton. Oleh karena itu, jarang ditemui suporter kelewatan momen pertandingan karena terlalu lama mengantre di kamar mandi atau beli minum,” ujar Daniel Williams selaku Manager Marketing State Government of Victoria. 



Kapasitas MGC memang terus berkurang seiring perkembangan zaman. MGC sempat mampu menampung hingga 130 ribu penonton. Setelah beberapa kali renovasi, stadion yang dibangun pada 1853 ini akhirnya Cuma bisa menampung 100 ribu penonton. 


Meski begitu, bukan berarti magis MGC berkurang. Dengan segala kemehawan fasilitas serta sejarah panjang di dalamnya, MGC masih menyimpan kesakralan bagi siapa pun yang bermain dan menonton di sana.


  Data mengenai MGC
Lokasi: Brunton Avenue, Melbourne
Kapasitas: 100 ribu
Pertama kali dibuka: 1854
Dipakai untuk: Olahraga Kriket, Australian Football League, Konser
Pengguna: Carlton (Australian football), Collingwood (Australian football), Hawthorn (Australian football), Melbourne FC (Australian football), Melbourne Stars (kriket), Richmond (Australian football), Victorian Bushrangers (kriket)



Fakta mengenai MGC
1. Selain untuk pertandingan lokal, stadion ini juga pernah digunakan untuk ajang internasional seperti Olimpiade musim panas 1956, Commonwealth Games 2006, serta Piala Dunia Kriket 1992 dan 2015

2. Stadion ini juga dikenal dengan nama “The G”.

3. MGC pernah menampung hingga 130 ribu penonton saat sebuah laga kriket dihelat pada 15 Maret 1959.

4. Lapangan MGC berbentuk oval dengan ukuran 171 m x 146 m.

5. MGC merupakan stadion terbesar ke-10 di dunia. Kapasitas mereka hanya kalah dari Stadion Rungrado 1st of May di Pyongyang yang berkapasitas 114 ribu penonton, Stadion Michigan (107.601), Stadion Beaver, State College, Pennsylvania (106.572), Stadion Ohio, Columbus (104.944), Stadion Kyle, College Station, Texas (102.733), Stadion Neyland, Knoxville, Tennessee (102.455), Stadion Tiger, Baton Rouge (102.321), Stadion Bryan-Denny (100.821), dan Stadion Darrell K Royal-Texas Memorial (100.119).

6. MCG mulai menggunakan pemanas khusus untuk rumput sejak pertengahan 2009. Pemanas ini digunakan untuk menyinari rumput ketika memasuki musim dingin. Pasalnya, hanya 10 persen sinar matahari masuk ke dalam stadion saat musim dingin tiba. Alat ini dibeli oleh Pemerintah Kota Victoria seharga USD2 juta. 

7. MCG digunakan untuk dua cabang olahraga yang berbeda. Seluruh lapangan akan tertutup oleh rumput ketika digunakan untuk menggelar AFL. Namun jika kompetisi AFL sedang libur, bagian tengah rumput bisa dilepas sehingga dapat menjadi arena bermain kriket.

8. Tiang yang digunakan untuk gawang AFL setinggi 11 meter. Sementara itu, rumput yang dilepas untuk permainan kriket adalah 20,12 meter.

9. Pengelola stadion menabur 1,4 ton pupuk di atas rumput tiap enam bulan.

10. Rumput stadion dipangkas setiap hari sebanyak 12mm ketika musim panas dan dua kali dalam seminggu sebanyak 25mm pada musim dingin.

11. Semua tempat duduk di stadion sudah diberi nomor. Jika terjadi kerusuhan, pihak kemanan stadion bisa dengan mudah melacak korban dan pelaku.

12. MCG memiliki dua layar besar di setiap sisi gawang. Layar ini berguna untuk menyaksikan kembali tayangan-tayangan menarik selama pertandingan.


(HIL)