10 Destinasi Wisata Favorit Di Indonesia Selama 2016

Nia Deviyana    •    Rabu, 28 Dec 2016 12:36 WIB
pariwisata indonesia
10 Destinasi Wisata Favorit Di Indonesia Selama 2016
Ubud (Foto: Trip Advisor)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia masih menjadi pilihan bagi wisatawan domestik maupun asing pada 2016. Namun, provinsi mana yang menjadi favorit para wisatawan selama 2016?

Berikut ini ulasan 10 destinasi wisata teratas yang sering dikunjungi para wisatawan sepanjang 2016 yang dirilis Travellers Choice Trip Advisor.

1. Ubud

Keberadaan Bali sebagai primadona wisata di Indonesia tak pernah lekang oleh waktu. Buktinya, provinsi yang mendapat julukan Pulau Dewata ini masih menduduki posisi teratas sebagai destinasi favorit selama 2016.

Namun, bukan hiruk pikuk pantai Kuta atau Sanur yang kini dilirik wisatawan, melainkan tempat yang lebih tenang seperti Ubud.

Ubud yang masuk dalam Kabupaten Gianyar ini memang berbeda. Menyimpan daya magis lewat sawah, hutan, dan budayanya yang kental. Hal ini tak lepas dari aktivitas warganya sebagai seniman, entah itu pelukis, pemahat, penari atau aktivitas lain yang berbau seni.

Ubud juga menjadi salah satu inspirasi Elizabeth Gilbert, penulis asal Amerika yang menulis novel "Eat, Pray and Love". Novel tersebut diangkat menjadi film layar lebar dengan judul yang sama, dan dibintangi aktris Hollywood ternama, Julia Robert.

Berbagai objek wisata yang bisa dikunjungi di Ubud, antara lain pertunjukan tari kecak api, museum Don Antonio Blanco, museum Neka, dan Monkey Forest.

2. Jakarta


(Foto: Trip Advisor)

Ibu Kota Indonesia ini memang identik dengan kemacetan. Namun, bukan berarti tak diincar sebagai tujuan wisata. Banyak para pelancong mengatakan Jakarta menawarkan kehidupan malam terbaik di Asia. Berbagai wahana wisata seperti Ancol dan SeaWorld pun bisa menjadi pilihan.

3. Yogyakarta


(Foto: Trip Advisor)

Candi Prambanan menjadi tujuan wisata utama para pelancong saat ke Yogyakarta. Kota ini juga menjadi favorit ke-3 karena dianggap sebagai pusat budaya.

4. Bukit Lawang


(Foto: Trip Advisor)

Objek wisata di Sumatera Utara bukan sekadaR Danau Toba dan Pulau Samosir. Masih banyak wisata alam lainnya yang tak kalah indah untuk disambangi, salah satunya Bukit Lawang.

Wisata alam yang menyuguhkan pemandangan hijau dan orangutan ini masuk posisi 4wisata paling disukai selama 2016.

5. Senggigi


(Foto: Trip Advisor)

Lombok terkenal dengan tempat memburu sejuta sunset. Ini karena Lombok memiliki banyak pantai indah untuk melihat matahari terbit atau pun terbenam, salah satunya Pantai Senggigi yang populer di kalangan wisatawan.

6. Magelang


(Foto: Trip Advisor)

Tak jauh dari Yogyakarta, Magelang juga menjadi salah satu tujuan para wisatawan. Beberapa tempat wisata yang populer di Magelang antara lain Candi Burobudur dan Punthuk Setumbu.

7. Bandung


(Foto: Trip Advisor)

Bandung adalah kota terbesar ke-3 di Indonesia. Lokasinya yang tak jauh dari Jakarta membuat Bandung menjadi alternatif liburan di akhir pekan. Dari segi wisata, Bandung menawarkan ragam kuliner, wisata sejarah, dan wisata alam.

8. Labuan Bajo


(Foto: Trip Advisor)

Labuan Bajo menawarkan pemandangan laut yang eksotis, dan menjadi pintu gerbang menuju objek wisata lainnya di Kupang, seperti Taman Nasional Pulau Komodo.

9. Kuta


(Foto: Trip Advisor)

Meski berada jauh di bawah Ubud, Kuta masih menjadi tujuan wisata yang diminati di Bali. Kuta menjadi pilihan yang baik bagi para peselancar.

10. Surabaya



(Foto: Trip Advisor)

Salah satu kota besar di Indonesia ini masuk 10 besar destinasi yang disukai para wisatawan. Museum Sampoena menjadi salah satu tujuan wisata saat Anda bertandang ke Surabaya. Surabaya juga menjadi pintu masuk bagi Anda yang ingin mengunjungi Bromo.


(DEV)