Cara Membuat Panna Cotta ala Spice Sisters

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 23 May 2017 17:12 WIB
kuliner
Cara Membuat Panna Cotta ala Spice Sisters
Summer Delight Coconut Panna Cotta dengan Selai Lemon dan Kelapa Kering ala Spice Sisters yang merupakan pemenang kompetisi masak televisi di Australia, My Kitchen Rules musim ke-7. (Foto: Metrotvnews.com/Sri Yanti Nainggolan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua bersaudara keturunan Indonesia, Tasia dan Gracia Seger yang merupakan pemenang kompetisi masak televisi di Australia, My Kitchen Rules musim ke-7 membagikan resep memasak makanan penutup ala western. 

Dua wanita yang dikenal dengan Spice Sisters tersebut mendemokannya secara langsung pembuatan salah satu resep kemenangan dari kompetisi yang diadakan tahun 2016 tersebut, yaitu Summer Delight Coconut Panna Cotta dengan Selai Lemon dan Kelapa Kering. 


(Tasia dan Gracia Seger yang merupakan pemenang kompetisi masak televisi di Australia, My Kitchen Rules musim ke-7. Foto: Metrotvnews.com/Yanti)

Bagi Anda yang juga ingin mencoba membuat makanan penutup khas makanan western tersebut, berikut langkah yang perlu Anda lakukan. 

Pertama, untuk membuat panna cotta, campurkan semua bahan dalam panci dengan suhu panas sedang hingga gula larut. Setelah itu, pindahkan adonan dan aduk bersama dengan daun gelatin yang lembut. 

(Baca juga: Mencicipi Kelezatan Menu Inovatif Karya Mahasiswa STPPH)

Untuk membuatnya adalah susu kelapa, krim masak, gula kastor, susu krim, ekstrak vanila, garam, dan daun gelatin yang dilembutkan dalam air dingin selama 10 menit. 



Dinginkan adonan tersebut ke dalam lemari pendingin selama beberapa jam atau semalaman. 

Dalam penyajiannya, pindahkan adonan dari lemari pendingin dan masukkan ke dalam semangkuk air hangat. Diamkan selam 30 detik sebelum diletakkan pada wadah penyajian.

"Kelihatannya memang mudah, namun yang penting di sini adalah gelatin yang cukup. Selain itu, kualitas cairan dan rincian bahan-bahan juga penting," tukas Gracia di sela-sela mendemokan masakan di Podomoro University, Selasa 23 Mei 2017.



Untuk selai lemon yang bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, tempatkan kuning telur, telur, dan gula pada panci dan kocok hingga tercampur dengan rata dengan suhu rendah. Tambahkan mentega, garam dan sari lemon selama pengocokan. Lakukan beberapa saat hingga adonan mulai mengental. 

Setelah itu, saringlah dengan menggunkan penyaring sebelum dimasukkan ke dalam stoples. Bila disimpan dalam lemari pendingin, selai lemon bisa bertahan hingga dua minggu. 

Selain dengan lemon, panna cotta juga bisa dihiasi dengan serpihan kelapa kering, bunga-bungaan yang bisa dimakan, dan potongan stroberi kering. 







(TIN)