Mengintip Keindahan Air Terjun Coban Ciblungan di Malang

Aditya Mahatva Yodha    •    Sabtu, 22 Jul 2017 19:35 WIB
wisata jawa timur
Mengintip Keindahan Air Terjun Coban Ciblungan di Malang
Coban Ciblungan di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang (Foto: Aditya Mahatva Yodha)

Metrotvnews.com, Malang: Julukan Malang The Heart Of East Java memang pantas disematkan bagi Kabupaten terbesar kedua di Jawa Timur tersebut. Banyak destinasi wisata alam Malang yang menawan dan menawarkan keindahan alam yang masih asri dan alami, salah satunya adalah wisata air terjunnya.

Coban Ciblungan, air terjun yang berada di titik 0 (nol) kilometer Kabupaten Malang sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Lumajang belum banyak dikenal orang. Namun, siapapun yang datang pastinya akan dibuat terpana oleh pemandangan air terjun yang eksotis tersebut.

Lokasi Coban Ciblungan berada di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Letaknya tak jauh dari perbatasan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang. Kalau berangkat dari Kota Malang kurang lebih waktu tempuhnya 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Coban ini masih relatif sepi dikunjungi oleh wisatawan. Sebelumnya Coban dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mencukupi kebutuhan air rumah tangga mereka dengan dongki (bak untuk distribusi air) ke rumah penduduk.

"Dibuka untuk umum sejak tahun 2014, "ujar Kepala Desa Sidorenggo, Harianto kepada Metrotvnews.com di Sidorenggo, Sabtu 22 Juli 2017.



Harianto menambahkan, saat ini pihaknya bersama warga sekitar terus menata lokasi dan promosi agar para wisatawan lebih banyak yang berkunjung. Coban Ciblungan ini memiliki keunggulan tempat. Lokasinya aman bagi para wisatawan karena jalan menuju lokasi tidak terlalu curam dan tidak jauh dari jalan kampung.

"Yang datang tak mengenal usia, ya mulai dari yang kakek nenek sampai yang anak usia SD," terang Harianto.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Coban Ciblungan Kabupaten Malang diharapkan bisa berangkat pagi-pagi apabila berangkat dari Kota Malang. Selain itu, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi yang berada dalam kondisi prima.  Harga tiket masuk Coban Ciblungan seharga Rp3.000, dan parkir Rp 5.000.

Belum terlalu banyak fasilitas yang ada di Coban Ciblungan karena pihak desa masih merintis pembentukan BUMDES (Bada Usaha Milik Desa) untuk sektor pariwisata. Sementara saat ini baru dikelola oleh warga sekitar.



Di Coban ini, wisatawan juga dapat berenang atau sekadar bermain air, tapi perlu diperhatikan keselamatan masing- masing.

Meskipun perjalanan menuju air terjun ini cukup jauh dari pusat kota, tapi perjuangan wisatawan nantinya akan terbalas dengan sajian keindahan alam dan pesona Coban tersebut.


 


(ELG)