Resmi dibuka, Art Jog 2018 Targetkan Gaet 75 Ribu Pengunjung

Patricia Vicka    •    Sabtu, 05 May 2018 19:15 WIB
wisata
Resmi dibuka, Art Jog 2018 Targetkan Gaet 75 Ribu Pengunjung
Art Jog 2018

Yogyakarta: Pameran Seni popular di Yogyakarta, Art Jog 2018 resmi dibuka untuk umum, Jumat 4 Mei 2018 malam. Acara yang sudah memasuki tahun ke 11 ini akan digelar mulai 4 Mei hingga 4 Juni 2018 di Jogja Nasional Museum (JNM).
 
Sejak sore, JNM mulai dipadati pengunjung yang hendak menikmati pertunjukan musik dalam acara pembukaan Art Jog 2018. Makin malam, venue acara makin penuh sesak. Maklum saja, panitia menggratiskan tiket masuk khusus di hari pertama pembukaan. 

Sederet musisi ternama seperti Sruti Respati, Bintang Indriyanto, Keaetnika dan Endah Laras beraksi menghibur penonton. Para musisi ternama ini sukses memeriahkan panggung Art Jog dan membuat penonton enggan pergi meninggalkan JNM.
 
Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf kaget dengan kemeriahan dan atusiasme masyarakat pada pembukaan Art jog 2018. Pria yang sudah empat kali menghadiri Art Jog ini memuji profesionalitas penyelenggara event pameran seni tahunan ini.
 
“Saya kaget, tahun ini sangat meriah dibanding tahun sebelumnya. Ini pertanda Art Jog sudah mampu mempengaruhi atmosfer seni di masyarakat,” ujarnya dalam opening ceremony Art Jog 2018 di JNM Yogyakarta, Jumat 4 Mei 2018 malam.
 
Menurutnya event yang sudah 11 kali dilaksanakan ini berhasil merangsang pelaksanaan ajang seni serupa di daerah. Ia berharap ke depan, Art Jog bisa menjadi festival seni berskala international yang mmapu menjadi magnet wisatawan asing datang ke Yogyakarta.

CEO Art Jog, Heri Pemad berharap perhelatan tahun ini mampu menggaet 75 ribu pengunjung. “Art Jog selalu menjadi pameran seni yang dinanti-nanti masyarakat. Apalagi tahun ini acara kami sebagian besar dilaksanakan saat bulan puasa. Bisa menjadi salah satu alternative masyarakat mengisi waktu luang sebelum atau sesudah berbuka puasa,” ujar Heri.

Melalui Tema “Englightenment - Towards Variours Futures (Pencerahan: Menuju Berbagai Masa Depan)”, Artjog 2018 menampilkan beragam karya seni yang mengarah pada upaya mengusir segala kegelapan dan memberi pencerahan pada bangsa. 

Momen pencerahan diperlukan saat ini. Sebab masih ada bagian gelap di lingkungan bangsa maupun umat manusia. ”Dengan tema ini. kami ingin mengajak seniman berkreasi menciptakan karya kreatif yang mampu membuat pengunjung merefleksi diri,”kata dia.

Sebanyak 54 seniman yang berpartisipasi unjuk gigi memamerkan berbagai karya seni seperti seni rupa, lukis, musik, tari dan teater. Seniman ini berasal dari Indonesia dan mancanegara. Mereka telah mengikuti sejumlah seleksi ketat dengan mempertimbangkan karya pada kecocokan tema serta kebaruan gagasan.

Tak hanya menampilkan seni rupa, Art Jog 2018 turut mempersembahkan penampilan seni musik, tari dan teater setiap hari. Diantaranya pentas Terater Tanpa Kata dari Papermoon Puppet, pementasan perkusi dari Anak Wayang, atraksi keroncong dan karawitan dan talkshow seni. 

Dengan harga tiket masuk Rp50 ribu per orang, pengunjung yang masuk ke Art Jog akan mendapatkan sensasi berbeda dalam menikmati seni. Bonusnya, banyak karya seni yang instagramable yang akan mempercantik galery Instagram anda.


(MMI)