Staycation, Solusi Liburan Hemat yang Cocok untuk Pekerja

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 14 Jul 2018 17:36 WIB
topik khusus rona
Staycation, Solusi Liburan Hemat yang Cocok untuk Pekerja
(Foto: Pinterest)

Jakarta: Liburan merupakan cara terbaik untuk menyegarkan pikiran dari tekanan pekerjaan. Sayangnya, seringkali kita tidak bisa mewujudkannya karena terbentur dana dan waktu.

Namun, pada dasarnya liburan tidaklah harus pergi ke tempat yang jauh. Anda bisa memanfaatkan hotel murah yang memiliki fasilitas kolam renang, atau menyewa villa di pinggir kota yang tak jauh dari tempat tinggal.

Konsep liburan yang dikenal dengan Staycation ini sebenarnya sudah lama populer.

Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani mengatakan, tak ada salahnya mencoba Staycation ketika Anda sudah lelah dengan rutinitas. Ia juga merekomendasikan Staycation sebagai pilihan liburan keluarga.

"Staycation bisa menghemat pengeluaran dan waktu," ujar wanita yang akrab disapa Nina tersebut saat dihubungi Medcom.id, beberapa waktu lalu.

Selain lebih ramah untuk kantong, Staycation membuat waktu liburan Anda jadi lebih efisien. Anda atau anak-anak pun tidak akan merasa kecapekan akibat harus menempuh perjalanan yang panjang, salah satu manfaat dibandingkan jika Anda memilih perjalanan jauh.

"Kalau ke luar kota, lebih banyak waktu yang terbuang seperti menunggu di bandara, dan lebih banyak barang bawaan yang dibawa," paparnya.

Untuk orang tua yang berencana membawa anak-anak untuk Staycation, ada baiknya membuat perencanaan agar anak tidak merasa jenuh selama liburan.

"Lakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan bersama. Misalnya melukis atau memasak. Staycation dengan mengajak keluarga lain yang memiliki anak juga bisa membuat anak-anak bersemangat," tambahnya.

Menginap di hotel menjadi rekomendasi Nina untuk menghilangkan penat.

"Karena di rumah biasanya begitu-begitu saja. Kalau di hotel bisa bermalas-malasan tanpa perlu merapikan kamar, semacam 'kabur' sebentar," pungkas Nina.




(DEV)