Perkuat Hubungan, Jepang Harapkan Wisatawan Indonesia Kunjungi Yamanashi

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 16 Jul 2018 15:49 WIB
wisata jepang
Perkuat Hubungan, Jepang Harapkan Wisatawan Indonesia Kunjungi Yamanashi
Untuk semakin mempererat hubungan kedua negara, Pemerintah Prefektur Yamanashi menunjuk artis Dona Agnesia dan sang suami Darius Sinatrya sebagai Duta Yamanashi. (Foto: Dok. Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

Jakarta: Hubungan Indonesia dan Jepang sudah memasuki usia ke-60. Kedekatan hubungan kedua negara semakin terasa kala beberapa wilayah di negara tersebut juga menjalin keakraban, salah satunya Yamanashi.

Kedekatan berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya Yogyakarta dengan Yamanashi banyak membawa keuntungan terutama di bidang pariwisata.

Gubernur Prefektur Yamanashi Hitoshi Goto, mengatakan jumlah wisatawan Indonesia yang tercatat menginap di 'rumah Gunung Fuji' itu mencapai 33.000 pada 2017. Jumlah ini naik signifikan dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 12 ribu orang.

Dia menambahkan hubungan Indonesia dan Jepang, khususnya Yamanashi tercatat dalam bilateral antara Pemerintah Prefektur Yamanashi dengan maskapai Garuda Indonesia. 


(Duta Besar Jepang, Masafumi Ishii. Foto: Dok. Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

"Kerja sama ini menjadi unggulan kita karena dapat meningkatkan konektivitas kedua negara. Selain itu kita juga memiliki kerja sama sister city dengan Yogyakarta," ucap Goto saat ditemui di kediaman Duta Besar Jepang untuk RI, Jakarta, Senin 16 Juli 2018.

Menurut Goto, fasilitas tersebut dapat mengembangkan industri dan pariwisata. "Kami harapkan hubungan Indonesia dan Jepang, khususnya Yamanashi semakin erat dan kerja sama yang kita lakukan semakin banyak," tukasnya.

(Baca juga: Yamanashi, Rumah Gunung Fuji yang Kaya Keindahan Alam)

Untuk semakin mempererat hubungan kedua negara, Pemerintah Prefektur Yamanashi menunjuk artis Dona Agnesia dan sang suami Darius Sinatrya sebagai Duta Yamanashi. Menurut Goto, terpilihnya Dona Agnesia sebagai Duta Yamanashi tak lepas dari andil Utusan Khusus Presiden RI untuk Jepang Rachmat Gobel.

"Waktu itu, Pak Rachmat berkunjung ke Yamanashi membawa serta para pemenang Panasonic Gobel Award. Kemudian dia merekomendasikan Dona Agnesia dan suami sebagai Duta Persahabatan Yamanashi untuk Indonesia," serunya.


(Untuk semakin mempererat hubungan kedua negara, Pemerintah Prefektur Yamanashi menunjuk artis Dona Agnesia dan sang suami Darius Sinatrya sebagai Duta Yamanashi. Foto: Dok. Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

Sementara itu, Duta Besar Jepang Masafumi Ishii mengatakan dirinya terkejut karena tak menyangka Gubernur Yamanashi telah mengunjungi Yogyakarta hingga 30 kali. Dia berharap dengan promosi ini, bisa menambah jumlah wisatawan dari Indonesia ke Jepang.

"Diharapkan tahun ini bisa 1 juta orang mengunjungi Jepang. Jika benar terjadi, maka hubungan kedua negara ini akan semakin kuat lagi," kata Ishii.

"Jika masyarakat dua negara saling berkunjung dan mengetahui wilayah masing-masing, saya berharap banyak orang Indonesia tertarik dengan Yamanashi dan ingin pergi ke Jepang," pungkas dia.




(TIN)