Tips Memilih Cobek dan Ulekan

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 22 Mar 2018 09:19 WIB
tips & trik
Tips Memilih Cobek dan Ulekan
Terkait ukuran, chef Rachmad mengungkapkan bahwa tak ada ukuran yang tepat dalam mengulek bumbu atau bahan makanan apapun, cukup didasarkan pada jumlah saja. (Foto: Dok. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan)

Jakarta: Cobek dan ulekan adalah sepasang alat yang paling dibutuhkan dalam membuat sambal. Oleh karena itu, tak boleh asal membeli saja. 

Menurut co-chef Rachmad Hidayat? dari Restoran KAUM Jakarta, jenis batu dari alat rumah tangga tersebut cukup berperan. 

"Pilihlah cobek dengan bahan dari batu kali, baik yang halus atau kasar, karena tak mudah aus," ia memberi saran dalam temu media, Rabu 21 Maret 2018.

Cobek atau ulekan dengan bahan dari lain, seperti kayu, menurut Chef Rachmad kurang maksimal karena cenderung licin sehingga lebih sulit untuk mengulek. 

"Selain itu, karena lebih ringan, jadi tekanan saat mengulek kurang maksimal. Mengulek jadi lebih lama," tambahnya.

Oleh karena itu, ia menyarankan untuk lebih lihai dalam memilih cobek, di mana bahan bambu lebih disarankan daripada bahan kayu. 


(Terkait ukuran, chef Rachmad mengungkapkan bahwa tak ada ukuran yang tepat dalam mengulek bumbu atau bahan makanan apapun, cukup didasarkan pada jumlah saja. Foto: Dennis Klein/Unsplash.com)

(Baca juga: Ini Beda Sambal Bu Rudy yang Asli dan Palsu)

Chef Rachmad juga memberi tips mengetahui apakah palsu atau tidak. 

"Pilih yang warna normal, jangan terlalu hitam. Kemudian, coba gores, bila memutih, maka jangan dibeli. Itu palsu atau dilapisi."

Terkait ukuran, ia mengungkapkan bahwa tak ada ukuran yang tepat dalam mengulek bumbu atau bahan makanan apapun, cukup didasarkan pada jumlah saja. 

"Semakin besar ulekan, dengan banyak bumbu, maka semakin cepat selesai."

Chef Rachmad juga tak lupa memberi saran cara mengulek yang benar.

"Tidak boleh digetok, nanti muncrat ke wajah. Cobalah ulek dengan satu arah sehingga tangan tak keseleo," tutupnya.







(TIN)