Jelajah Melbourne

Produk Makanan Terbaik Australia Diburu Pengusaha Asal Indonesia

Hilman Haris    •    Senin, 03 Oct 2016 14:18 WIB
wisata australia
Produk Makanan Terbaik Australia Diburu Pengusaha Asal Indonesia
Food and Beverage Trade Week di Melbourne, Australia, (MTVN - Hilman)

Metrotvnews.com, Melbourne: Banyak cara dilakukan Pemerintah Negara Bagian Victoria untuk memasarkan hasil sumber daya alam olahan petani lokal. Salah satunya dengan menggelar acara Food & Beverage Trade Week dua kali dalam satu tahun. Terbaru, mereka mengadakan acara tersebut di Melbourne Exhibiton Centre, 14-16 September.

Bahan-bahan pokok makanan seperti daging, susu, gandum, sayur-sayuran, serta minuman seperti wine menjadi produk unggulan yang ditawarkan kepada para pembeli.

Hebatnya, produk yang dihasilkan para petani lokal di Victoria sudah mendunia. Buktinya banyak pengusaha kuliner dari berbagai negara, termasuk Indonesia, berbondong-bondong menghadiri acara Food & Beverage Trade Week. Tujuannya satu, yakni mencari bahan makanan terbaik yang nantinya bisa dijual di negara masing-masing. 



“Kami mengundang para penjual dan pembeli untuk hadir di acara kami. Termasuk dari Indonesia. Tujuan kami mengadakan acara ini untuk memperkenalkan hasil produksi petani di Victoria sekaligus membangun kerja sama antara kami dengan Indonesia,” ujar Brett Stevens selaku Commissioner State Government of Victoria untuk Indonesia kepada Metrotvnews.com



Festival "Food and Beverage" merupakan pameran makanan dan minuman yang digarap secara serius oleh Pemerintah Victoria. Mereka sadar, Sumber Daya Alam (SDA) Victoria bisa menghasilkan olahan makanan yang sangat dinikmati oleh banyak orang.

Respons yang didapat Pemerintah Victoria sangat mencengangkan. Melalui acara ini serta promosi-promosi di sektor lain, Victoria mampu mengekspor makanan dan minuman seberat 4,8 miliar ton dengan nilai mencapai 8,76 miliar Dollar Australia (sekitar Rp86,7 triliun) per tahun.

(Baca juga: Belajar dari Australia Soal Solidaritas Antar Umat Beragama)

"Produk daging, susu, gandum, dan keju paling dicari dalam pameran ini. Pengusaha asal Indonesia merupakan pembeli paling menarik bagi kami selama acara Food and Beverage Week," ujar Bryan Balmer selaku Director Trade Food and Fibre State Government of Victoria.

Festival "Food and Beverage Trade Week" menawarkan 122 produk makanan hasil olahan petani serta peternak lokal yang siap dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Sebanyak 90 persen di antaranya merupakan makanan halal.

"Untuk kali ini, ada 12 perusahaan asal Indonesia yang menjadi calon pembeli produk-produk makanan asal Victoria," ujar Bryan.


Usaha Pemerintah Victoria dalam memberdayakan hasil makanan dan minuman dari petani dan peternak lokal patut dicontoh oleh Pemerintah Indonesia. Kopi, kelapa sawit, serta rempah-rempah merupakan produksi makanan dan minuman andalan di Tanah Air. Alangkah baiknya andai petani dan peternak lokal diberi wadah khusus untuk menjajakan hasil produksi mereka ke calon pembeli di luar negeri.


(HIL)