Cara Tepat Menyimpan Makanan Sisa

Raka Lestari    •    Rabu, 19 Dec 2018 16:31 WIB
kuliner
Cara Tepat Menyimpan Makanan Sisa
Perlu sekali pengetahuan bagi masyarakat dalam menyimpan makanan sisa. (Foto Ilustrasi: Taylor Kiser/Unsplash.com)

Jakarta: Sisa makanan merupakan salah satu masalah yang sering terjadi, terutama di masyarakat perkotaan. Makanan sisa, jika tidak diatasi dengan baik maka akan menyebabkan limbah yang bisa merugikan. 

Untuk itu, perlu sekali pengetahuan bagi masyarakat dalam menyimpan makanan sisa. Hal itu agar makanan tersebut masih aman dan baik jika ingin dikonsumsi kembali. 

Prof. Dr. Ir Nuri Andarwulan, Direktur Southeast Asian Food & Agricultural Science & Tachnology (SEAFAST) mengatakan, makanan sisa itu biasanya paling banyak dihasilkan oleh rumah tangga dan juga restoran.

"Untuk itu cara menyimpan makanan sisa juga harus diperhatikan. Makanan sisa tidak boleh dibiarkan terbuka, harus tertutup,” ujar Nuri saat menghadiri acara pemaparan mengenai keamanan makanan bersama Nestle Indonesia, Rabu, 19 Desember 2018. 

Lebih lanjut, Nuri juga menambahkan bahwa makanan yang sudah dibiarkan selama dua jam sebaiknya langsung disimpan ke dalam kulkas. Sebab jika tidak akan mengakibatkan kualitas makanannya menurun. 

Klik di sini: Lakukan Ini Jika Keju Sudah Berjamur

“Kalau mau disimpan, usahakan disimpan di suhu rendah. Selain itu, simpan di tempat yang sesuai dengan kebutuhan," terang Nuri.

“Suhu yang dianggap bahaya atau “danger zone” adalah ketika makanan berada pada suhu sekitar 5-65 derajat celcius. Hal ini karena pada suhu tersebut, jika masakan atau makanan disimpan selama lebih dari dua jam maka jumlah mikrobanya akan meningkat berkali-kali lipat,” tutur Nuri. 

Sementara itu jika ingin memanaskan kembali makanan yang telah disimpan, usahakan berada pada suhu yang panas, yaitu di atas 65 derajat celcius. Hal ini karena suhu sangat berpengaruh terhadap umur simpan makanan dan masakan. 

Semakin baik suhu penyimpanan makanan, semakin lama pula usia penyimpanan makanan untuk masuk dalam kategori aman dan baik dikonsumsi.

Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda



(FIR)