5 Kuliner Khas Indonesia yang Legendaris

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 12 Mar 2018 12:40 WIB
kuliner nusantara
5 Kuliner Khas Indonesia yang Legendaris
Kebudayaan Indonesia tak lepas dari kelezatan kuliner tradisional (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Berbicara soal kebudayaan Indonesia, tak lepas dari kuliner tradisional. Setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri yang menjadi buruan masyarakat saat berwisata. 

Tak heran jika sebagian orang rela menjelajahi berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke demi mencicipi makanan khas daerah.

Secara umum makanan tradisional Indonesia digemari karena menawarkan cita rasa lezat yang kaya bumbu. Bahkan, beberapa di antaranya telah diakui dunia.

Terdapat lima makanan khas yang digemari masyarakat Indonesia.

1. Gudeg


 
Salah satu gudeg yang terkenal adalah gudeg. Makanan khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta itu terdiri atas sayur nangka muda yang diolah dengan gula merah dan santan. Kemudian, disertai nasi dan krecek untuk menghadirkan rasa pedas. Gudeg bisa dimakan dengan berbagai jenis lauk seperti tahu atau tempe bacem, dan ayam goreng. 


2. Sate



Makanan ini bisa ditemui dengan mudah. Mulai dari kaki lima hingga restoran menyediakan menu ini. Ada sate ayam, sapi, dan kambing. Dagingnya ditusuk dengan bambu atau lidi kecil, lalu dipanggang di atas bara api.


3. Sop Buntut



Ini adalah sup yang memiliki banyak penggemar. Buntutnya (daging sapi) bisa digoreng atau dipanggang dipadukan dengan sup. Kuahnya yang sedap gurih dan daging kenyal, nikmat disantap bersama sepiring nasi hangat.


4. Tahu Telur

 

Makanan ini merupakan kudapan populer di Jawa Timur. Tahu telur pada dasarnya berupa dadar tahu, dibuat dari tahu putih yang dipotong dan digoreng dalam kocokan telur ayam.


5. Gado-gado


 
Gado-gado bisa dibilang sebagai salad sayuran khas Indonesia. Gado-gado terdiri dari sayuran seperti kol, labu siam, dan pare. Disajikan bersama tahu goreng, tempe, telur rebus, lontong atau ketupat. 

Makanan khas daerah kerap dirindukan, terutama oleh para perantau di Jakarta. Untuk bisa menikmati makanan-makanan khas tersebut, Anda cukup berkunjung ke TeSaTe.



Menikmati beragam menu khas daerah kini semakin mudah. Di pusat Jakarta ada TeSaTe, Restoran yang menyajikan ragam makanan tradisional dengan rasa otentik.

Berbagai hidangan nusantara bisa ditemukan di sana. Misalnya, Sate Ayam Madura, Nasi Megono, Gudeg Kendil, Ikan Bakar Dabu Dabu, Serabi Solo sampai Wedang Ronde. Selain makanan dengan cita rasa lezat, desain ruangan modern dan suasana nyaman memberikan nilai tambah bagi para pengunjung.



Istimewanya lagi, TeSaTe tak hanya fokus pada bisnis kuliner semata. Ia membawa misi memperkenalkan makanan khas nusantara kepada masyarakat luas. Salah satunya lewat design interior mereka yang dilengkapi dengan lampu gantung dengan design huruf Jawa, Hanacaraka 

Bagi Anda yang ingin memanjakan lidah dengan mencicipi hidangan khas nusantara, silahkan  datang langsung ke Tesate Restaurant terdekat yang terletak di Plaza Senayan lantai 4, Pacific Place lantai 5, dan Jalan Sam Ratulangi Nomor 39 Menteng, Jakarta, dan nikmati beragam makanan khas nusantara yang kelezatannya telah melegenda.


(ROS)