Kesalahan yang Umum Dilakukan saat Mengecat Rambut Sendiri

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 25 Aug 2016 18:35 WIB
tips & trik
Kesalahan yang Umum Dilakukan saat Mengecat Rambut Sendiri
(Foto: youqueen)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mewarnai rambut menjadi tren yang tetap digandrungi, meski setiap tahun tren warna selalu berubah.

Treatment ini sebenarnya relatif mahal, apalagi jika dilakukan di salon mewah. Tak jarang, orang memilih mewarnai sendiri demi menghemat biaya. Berbekal pengetahuan seadanya, tanpa disadari orang melakukan beberapa kesalahan saat mewarnai sendiri rambutnya.

Pertama, salah mencampur bahan produk. Hal tersebut dapat memberi pengaruh yang cukup berdampak pada warna yang dihasilkan.

"Biasanya ada dua jenis dalam satu paket. Kalau tidak sesuai dengan anjuran, nanti hasilnya tak maksimal," ujar dermatologist dr Gloria Novelita, SpKK dalam konfrensi pers peluncuran Garnier Color Naturals 3 Oils, Kamis (25/8/2016).

Kedua, pengaplikasian yang tidak merata. Hal ini karena orang tersebut tidak bisa menjangkau seluruh bagian rambutnya.

Ketiga, tidak cukupnya produk untuk menutupi semua rambut. Hal ini bisa disebabkan karena rambut yang terlalu tebal atau justru pengolesan yang tidak efisien. Efeknya akan seperti kesalahan kedua, yaitu pewarnaan menjadi tidak merata.

Terakhir, durasi selama pengecatan yang tidak pas. Terkadang, meskipun sudah mengikuti waktu yang dianjurkan, bahan dalam cat tidak terserap sempurna.

Mengecat rambut tak bisa dilakukan sesuka hati karena dapat membahayakan kesehatan batang rambut itu sendiri. Dr Glo menyarankan untuk mengecat rambut ulang minimal setelah 3 bulan.
 



(DEV)