Ironkids, Menu Tambahan di Wonderful Indonesia Ironman 70.3 Bintan

M Studio    •    Selasa, 30 Aug 2016 11:02 WIB
berita kemenpar
Ironkids, Menu Tambahan di Wonderful Indonesia Ironman 70.3 Bintan
Ironman 70.3 Bintan (Foto:Antara/Yuli Seperi)

Metrotvnews.com, Bintan: Bintan sukses menggenjot wisatawan mancanegara (wisman) dengan strategi sport tourism. Daerah yang berada di Kepulauan Riau itu secara resmi membuka perhelatan Wonderful Indonesia Ironman 70.3 Bintan dengan laga Ironkids yang dilaksanakan di Lagoi, Bintan, Sabtu, 27 Agustus 2016. Laga utama dilaksanakan pada Minggu, 28 Agustus 2016, di tempat yang sama.

Ironkids, adalah "partai tambahan" lomba untuk anak-anak. Orang tuanya ikut Ironman 70.3, anak-anak juga ikut lomba seusianya. Suasana kekeluargaan menjadi seru. Semua anggota keluarga bisa ikut bertanding di event tahunan yang semakin populer itu.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata Rizki Handayani membuka Sport Tourism itu dengan mengibarkan bendera start untuk para peserta anak di bawah umur 10 tahun.

Hadir pula Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, General Grup Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman Prawira.

"Kemenpar mendukung sport tourism, sebagai salah satu event internasional yang banyak mendatangkan wisman. Dan Ironman 70.3 ini termasuk produktif," kata Rizki Handayani Mustafa.

"Laporan terakhir yang masuk adalah 1.200 atlet dari 51 negara, selain banyaknya wisatawan yang masuk, tentu saja ini juga meningkatkan image citra Indonesia dan juga citra Kepri sebagai destinasi berkelas international," ujar wanita yang biasa disapa Kiki itu.

Rizki menyebut, Kepulauan Riau (Kepri) menyumbang 20 persen wisatawan ke Indonesia. Kepri dinilai strategis sebagai destinasi yang dekat dengan perbatasan termasuk Bintan. "Sudah betul, Bintan diformat menjadi destinasi sport tourism berkelas dunia, dan Kemenpar sangat mendukung program itu," ujar Rizki yang lulusan ITB Bandung itu.                  

Event sport tourism bergelar Ironman 70.3 Bintan merupakan even yang kedua yang bakal berlangsung di Lagoi Bay, 27-28 Agustus 2016. Juara dunia 4 kali Ironman World Champion, Cameron Brown serta 12 kali menjadi raja di Ironman Selandia Baru, memutuskan ambil bagian di Ironman 70.3 Bintan 2016. Para atlet Ironman 70.3 akan memulai lomba dengan berenang sejauh 1.2 mil (1.9 km, red) di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah yang dimiliki Tanah Air.

Pada Minggu, 28 Agustus 2016, para peserta bersepeda sepanjang 56 mil (90 kilometer). Rutenya Plaza Lagoi Bay - Simpang Lagoi - Kampung Baru - Simpang Penaga Lintas Barat - Busung, Simpang Lobam - RSUD Tanjunguban -TMP Dwikora Tanjung Uban - Kampung bugis -Sekera -Sungai Kecil kembali ke simpang Lagoi dan berakhir di Plaza Lagoi Bay. Ujian daya tahan tubuh itu kemudian akan diakhiri dengan lomba lari yang akan melahap 3 lap sepanjang 21 kilometer.

"Selain destinasi untuk holiday, Bintan juga disiapkan sebagai destinasi Sport Tourism. Kami sekuat tenaga mempersiapkan sarana dan prasana pendukung disini. Ini sebagai kekuatan kami untuk pariwisata Indonesia, kami bekerjasama dengan Kemenpar dan Pemda Bintan agar nama besar Bintan masuk di peta Sport Tourism di dunia. Karena 51 negara dengan jaringannya hadir di acara ini akan mempublikasikan Indonesia ke mata dunia," kata General Grup Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab.


(ROS)