Pantai Liang Maluku Tengah, Tempat yang Tepat Mencari Kedamaian

Anindya Legia Putri    •    Senin, 16 Oct 2017 15:17 WIB
wisata indonesia timur
Pantai Liang Maluku Tengah, Tempat yang Tepat Mencari Kedamaian
Maluku memiliki keindahan alam yang tak disangkal dan membuat siapapun yang berkunjung jatuh hati. (Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Metrotvnews.com, Ambon: Maluku memiliki keindahan alam yang tak disangkal dan membuat siapapun yang berkunjung jatuh hati. Terlebih pada bentangan pantai dan kehidupan eksotis bawah lautnya.

Salah satu yang menarik perhatian dan wajib dikunjungi saat berkunjung ke Maluku, yakni Pantai Hunimua, atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Liang.

Pantai ini terletak di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Siapa sangka, pada tahun 1990-an, pantai ini pernah dinobatkan oleh United Nations Development Programme (UNDP) – PBB, sebagai pantai terindah yang dimiliki oleh Indonesia.

Hamparan pasir putih, gradasi warna biru air laut yang berkilauan terkena paparan sinar matahari, serta ombak yang tenang, menjadi daya tarik utama. 


(Dermaga kayu sederhana yang menjorok ke pantai. Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Pemandangan inilah yang menyambut hangat para pelancong yang berkunjung. Kondisi Pantai Liang memang terkesan masih alami dan jauh dari kata ramai. Tak banyak yang berkunjung saat hari biasa. Saat akhir pekan pun, pantai ini masih terasa nyaman untuk disinggahi.

Tenangnya Pantai Liang dan semilir angin pun membuat siapa pun yang berkunjung betah untuk berlama-lama sekedar untuk berjemur, melamun mencari kedamaian. 

Terdapat dermaga kayu sederhana yang menjorok ke pantai sepanjang 200 meter di lokasi ini. Anda dapat mempergunakannya untuk spot berfoto, bersantai, hingga berloncatan ke air yang jernih. Dari dermaga, Anda juga dapat melihat ikan-ikan kecil berenang bergerombolan.

(Baca juga: Ambon Manise)

Di pantai ini, Tidak banyak olahraga air atau aktivitas permainan yang ditawarkan. Hanya terdapat beberapa perahu sampan yang bisa disewa per jamnya seharga Rp50 ribu, dan boat yang berlabuh untuk mengantar wisatawan jika ingin menyebrang ke Pulau Seram. 

Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap, seperti ruang bilas, ruang berganti baju, hingga warung-warung kecil yang tersusun rapi menjajakan rujak dan juga baju serta celana bagi wisatawan yang tidak membawa salinan. 

Harga yang ditawarkan terhitung ramah di kantong. Seporsi rujak nikmat dijual dengan harga Rp15 ribu. Sedangkan harga kaos Rp50 Ribu dan Rp5 Ribu untuk celana pendek. Terdapat pula bocah-bocah kecil yang menjajakan makana ringan seperti pisang goreng, seharga Rp2 ribu.

Jika ingin mandi, Anda dapat membeli air bersih seharga Rp3 ribu untuk satu jerigen. Karena air yang mengucur di kamar mandi sendiri merupakan air payau.

Untuk berkunjung ke Pantai Liang, Anda harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer dari Kota Ambon. Jika pergi dengan tidak menggunakan mobil pribadi, Anda bisa memakai ojek di pusat kota dengan tarif sekitar Rp50 ribu untuk sekali jalan.

Namun jika datang bersama rombongan, maka Anda bisa menyewa angkutan umum dengan kapasitas sepuluh penumpang, dengan harga sekitar Rp200 ribu. Untuk harga masuk tiket Pantai Liang, pengunjung hanya dibebani Rp4 ribu per kepala.









(TIN)