Rahasia Membuat Scrambled Egg yang Lembut

Raka Lestari    •    Minggu, 22 Oct 2017 18:17 WIB
tips memasak
Rahasia Membuat Scrambled Egg  yang Lembut
(Foto: Scramble Egg)

Metrotvnews.com, Jakarta: Telur orak arik atau scrambled egg menjadi menu sarapan kekinian yang populer akhir-akhir ini. Menu ini hampir selalu ada di setiap hotel sehingga menjadi inspirasi banyak orang untuk membuatnya sendiri di rumah.

Namun, meski kelihatannya mudah, membuat telur orak-arik yang lembut ternyata diperlukan trik khusus.
Membiarkan telur terlalu lama di wajan dengan panas yang tidak pas dapat membuat telur orak-arik ini menjadi kering dan mengecewakan.

Telur orak-arik tanpa tambahan apapun bisa menjadi enak jika bisa memasaknya dengan benar. Hal yang harus dilakukan pertama-tama yaitu panaskan wajan, kemudian kocok telur sebelum memasukkannya ke dalam wajan, lalu ratakan saat berada di atas wajan.

Ada satu bahan yang akan membuat telur orak-arik Anda menjadi lebih lembut.

Ya, susu. Dengan menambahkan susu, tekstur telur akan lebih creamy dan warna pun lebih cantik.

Menurut uji coba yang dilakukan Rodale's Organic Life dengan melakukan perbandingan terhadap telur orak-arik yang ditambahkan 4 bahan berbeda, hasilnya menunjukkan bahwa dengan memberikan satu sendok sour cream atau krim asam kedalam dua butir telur dapat memberikan tekstur terbaik diantara bahan-bahan lainnya.

"Pikirkan telur orak-arik terbaik yang pernah Anda miliki dan kalikan dengan rasa sepuluh," tulis penguji dari  Rodale's Organic Life, Concetta Smith.

Jika belum yakin untuk mencoba, mungkin pernyataan dari chef Justin Ferguson dari Michelin bisa membuat Anda lebih yakin, " Menambahkan krim asam dan bukan susu ke dalam telur membuat mereka lebih lembut dan kaya tanpa membuat pucat warna kuning telur yang terang," katanya pada Refinery29.

Untuk hasil terbaik, sour cream atau krim asam akan memberikan tekstur lebih kaya rasa daripada versi rendah lemak atau tidak berlemak sama sekali, menurut The Kitchn.


(DEV)