Mana yang Lebih Baik, Gelato atau Es Krim?

Raka Lestari    •    Sabtu, 31 Mar 2018 17:15 WIB
kuliner
Mana yang Lebih Baik, Gelato atau Es Krim?
Mana yang Lebih Baik, Gelato atau Es Krim? (Foto: gettyimages)

Jakarta: Gelato pada dasarnya adalah alternatif lain dari es krim yang berasal dari Italia. Menurut Italy Magazine, gelato adalah salah satu makanan penutup dengan bahan dasar yang terbuat dari susu, krim, dan gula yang sudah ada sejak zaman Renaissance.

Popularitas gelato semakin meningkat di Amerika Serikat dengan pembeli sebanyak 43 persen dibandingkan dengan pembeli es krim yang hanya berjumlah sekitar 39 persen pada tahun 2015, menurut data dari Mintel.

Pada dasarnya, gelato sangat mirip dengan es krim karena umumnya mengandung bahan yang sama, hanya dengan proporsi yang berbeda, kata Natalie Rizzo, R.D, ahli gizi terdaftar dari Amerika Serikat.

"Gelato mengandung sedikit lebih banyak susu daripada krim, sedangkan es krim biasanya mengandung lebih banyak krim. Itu berarti es krim akan memiliki lebih banyak lemak daripada gelato, biasanya 10 persen sedangkan pada gelato hanya sekitar 5 hingga 7 persen," katanya.

Es krim juga umumnya mengandung kuning telur, sedangkan gelato jarang mengandung apapun, menurut NPR. Kandungan krim dan kuning telur yang lebih sedikit itulah yang menjelaskan mengapa gelato memiliki sedikit lemak jenuh.

Perbedaan utama lainnya terdapat dalam tekstur. Gelato umumnya lebih creamy, lebih padat, dan lebih kaya rasa daripada es krim biasa. Namun itu tergantung pada bagaimana gelato dibuat, kata Rizzo. "Gelato juga diaduk dengan kecepatan yang lebih lambat dari es krim, sehingga memiliki lebih sedikit udara dalam campurannya daripada es krim," katanya.

Lalu, manakah pilihan yang lebih baik antara gelato dan es krim? "Saya tidak akan mengatakan bahwa salah satu lebih baik bagi Anda daripada yang lain. Keduanya pasti makanan penutup dengan banyak gula dan lemak dan harus dimakan dalam jumlah sedang," kata Rizzo.

Namun, ia mencatat bahwa es krim umumnya memiliki lebih banyak kalori dan lemak daripada gelato karena kandungan krim yang lebih banyak dalam es krim itu sendiri.


 


(ELG)