Perhatikan Hal Ini untuk Mendapatkan Liburan Sempurna

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 29 Sep 2017 16:58 WIB
wisata
Perhatikan Hal Ini untuk Mendapatkan Liburan Sempurna
Sebuah survei yang melibatkan 414 wisatawan menemukan bahwa 94 persen dari mereka merasa lebih berenergi setelah kembali dari liburan. (Foto: Manuel Moreno/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berlibur adalah salah satu cara untuk melepaskan stres dan membuat lebih bahagia. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan produktivitas dan suasana hati. 

"Kita tahu bahwa mengambil jeda sangat baik untuk kesehatan mental. Hal itu dapat memberi pemikiran baru, mengeluarkan Anda dari pola standar dan memberi waktu bersama keluarga," tukas Susan Krauss Whitbourne, ajudan profesor gerontologi di University of Massachusetts Boston.


Aktivitas tersebut juga dapat menyegarkan pikiran. Sebuah survei yang melibatkan 414 wisatawan menemukan bahwa 94 persen dari mereka merasa lebih berenergi setelah kembali dari liburan yang menyenangkan, dan 55 persen mengalami penuruan stres dalam bekerja setelah cuti beberapa hari untuk liburan. 

Jenis wisata yang diambil juga berpengaruh. Jika tak direncanakan dengan baik, wisata dapat berakhir menyebalkan. Sebuah studi tahun 2010 menyebutkan bahwa liburan yang memberi banyak tekanan, seperti tak tahu kendaraan yang akan digunakan atau merasa tak nyaman dapat membuat kebahagiaan wisatawan berkurang. 

(Baca juga: Liburan Keluarga Tingkatkan Kebahagiaan Anak)

Survei tersebut menyebutkan bahwa 28 persen orang yang mengalami liburan buruk mengaku bahwa mereka merencanakan hal tersebut menjelang hari wisata. 


 
Untuk itu beberapa hal di bawah ini bisa Anda perhatikan, agar Anda mendapatkan liburan yang sempurna:

1. Atur ekspektasi dan kegiatan yang Anda inginkan
Mengatur ekspektasi juga menjadi kunci untuk menikmati liburan. Kebahagiaan Anda akan tak menentu saat liburan Anda berantakan.

"Jika Anda sadar bahwa setiap orang memiliki tingkat kebahagiaan yang berbeda terhadap liburan, maka Anda bisa memberi ide kegiatan apa saja yang bisa dilakukan agar semua menikmatinya," papar Whitbourne.

2. Jangan lupa dokumentasi 
Dokumentasi liburan tak kalah penting. "Ambillah gambar selama liburan, agar Anda bisa mengenangnya di lain waktu." Ini juga bisa menjadi ajang yang menyegarkan Anda. Apalagi saat ini Anda bisa membuat video-video pendek yang bisa dipadukan satu sama lain. Jadi, selamat berlibur!










(TIN)