Baobab Safari Resort Jawa Timur Tawarkan Sensasi Menginap 'Ditemani' Satwa Liar

Laela Badriyah    •    Kamis, 20 Apr 2017 18:41 WIB
pariwisata indonesia
Baobab Safari Resort Jawa Timur Tawarkan Sensasi Menginap 'Ditemani' Satwa Liar
(Foto: Laela Badriyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Taman Safari Indonesia mengenalkan unit baru di Pasuruan, Jawa Timur. Melalui unit ini, pengunjung disajikan dengan harmonisasi sensasi berwisata di lereng gunung Arjuno sekaligus melihat berbagai satwa yang dilindungi.

CEO Taman Safari Indonesia Group A Seno mengatakan unit baru itu sebagai langkah mengenalkan satwa yang dilindungi ke masyarakat. Baobab Safari Resort, begitu nama areanya.

Lokasinya berada dalam satu komplek dengan Taman Safari di Desa Jatiarjo, Prigen, Pasuruan. Rencananya, Baobab Safari Resort diresmikan pada akhir Mei 2017.

Menurut Seno, ada yang berbeda dari Baobab Safari Resort. Konsepnya berupa penginapan yang dikelilingi dengan pemandangan menegangkan sekaligus mengejutkan, yaitu satwa-satwa liar mengelilingi resort.

"Salah satu sensasinya adalah menginap di resort, kemudian dibangunkan oleh auman singa. Itu kan seru dan eksotik ya," kata Seno dalam acara Media Gathering di Energy Building, kawasan SCBD, Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis 20 April 2017.

Seno menambahkan, keistimewaan Baobab yaang dibuat dengan konsep hotel dan theme resort. Artinya, pengunjung menginap di hotel sambil menikmati sensasi dikelilingi satwa. Jadi dari kamar hotel, pengunjung dapat melihat satwa liar.

Seno mengatakan itu berbeda dengan konsep lodge atau pondok di Mara River Safari Lodge di Gianyar, Bali. Di Gianyar, bentuk penginapannya berupa pondok.

Di Baobab, pengunjung bisa melihat 3.000 dari 250 jenis satwa, termasuk jerapah, singa, kuda nil, dan zebra.

"Pengunjung bisa duduk-duduk di anjungan sambil memberi makan pada jerapah. Anjungannya tinggi, kurang lebih 4 meter. Karena kan jerapah tinggi ya,' lanjut Seno.

Baobab berdiri di atas lahan seluas 1,2 Hektare. Bangunan berlantai tujuh itu memiliki 148 kamar. Pengelola menghadirkan nuansa Afrika di Baobab. Semua kamar dilengkapi dengan balkon sehingga pengunjung bisa menyaksikan langsung pola tingkah para satwa.

Seno menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung. Sebab Taman Safari mempekerjakan pegawai yang sudah memahami karakter para satwa.

Selayaknya hotel berbintang lain, Seno mengatakan Baobab Safari Resort juga menyediakan fasilitas penunjang. Misalnya restoran, pusat kebugaran, aula pertemuan, hingga area untuk resepsi pernikahan di luar ruangan.

Kelebihan lain disampaikan General Manager Taman Safari Prigen Pasuruan, IK Gunarto. Menurut dia, taman safari itu berlokasi di lereng Gunung Arjuno.

Taman Safari Prigen berlokasi di lereng gunung dengan ketinggian kurang lebih 800 meter. Saat malam, suhu udaranya mencapai 18 derajat Celcius. Sementara suhu tertinggi sehari-harinya yaitu kurang lebih 28 derajat Celcius.

"Dingin sih tapi segar dan sensasinya keren," ujar Gunarto saat berbincang-bincang dengan Metrotvnews.com.

Taman Safari Prigen merupakan salah satu taman konservasi milik Taman Safari Indonesia. Areanya mencapai luas 350 hektare.


(DEV)