STPPH Luncurkan 9 Buku Perhotelan Karya Mahasiswa

Pelangi Karismakristi    •    Senin, 29 Aug 2016 15:22 WIB
beasiswa osc
STPPH Luncurkan 9 Buku Perhotelan Karya Mahasiswa
Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan meluncurkan sembilan buku karya mahasiswa tingkat akhir (Foto:Metrotvnews.com/Pelangi Karismakristi)

Metrotvnews.com, Tangerang: Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan (STPPH) meluncurkan sembilan buku karya mahasiswa tingkat akhir. Buku-buku ini mengulas tentang berbagai inovasi tentang makanan dan dunia perhotelan.

Ketua Jurusan Manajemen Perhotelan STPPH Amelda Pramezwary mengatakan, kesembilan buku ini menjadi bukti bahwa para mahasiswa tingkat akhir tersebut memiliki kualifikasi setelah menyelesaikan kuliahnya. Konsepnya mereka dapatkan selama duduk di bangku perkuliahan.

"Launching buku ini berkaitan dengan tugas akhir (TA) mahasiswa kami. Jadi nanti mereka lulus, sudah ada buktinya kalau mereka sarjana terapan pariwisata. Ya ini hasilnya, yang mereka uji coba dan berhasil, lalu dituliskan dalam buku," tukas Amelda yang ditemui di sela-sela acara, Senin (29/8/2016).

Pada kesempatan yang sama, Ketua STPPH Diena M Lemy mengaku bangga atas lahirnya karya tersebut. Dirinya berharap adanya buku-buku tersebut bisa memperkaya dunia kuliner Indonesia dan tentunya perhotelan.

Baca juga: Mencicipi Kelezatan Menu Inovatif Karya Mahasiwa STPPH

"Suatu pemikiran yang dituangkan dalam buku, maka dia bisa disebarkan kepada khalayak ramai. Ini aplikasi dari segala pelajaran dan keterampilan yang diperoleh, saya harap bisa produktif," kata Diena yang ditemui di ruang kerjanya.

Ke depan, Diena berharap, buku-buku tersebut bisa dipublikasikan sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Sehingga ia ingin agar kesembilan buku tersebut bisa diterbitkan, meskipun dia mengakui terkendala dengan penerbit.


(Foto:Metrotvnews.com/Pelangi Karismakristi)

Sebagai langkah awal, Diena mengatakan akan mendaftarkan hak cipta bagi karya orisinil mahasiswanya.

"Ini kita encourage anak-anak untuk menerbitkan. Kami sudah pernah undang penerbit, tapi keputusan akhir dari anak-anak, karena kan dana juga mereka yang keluarkan," imbuh dia.

Berikut, sembilan buku hasil karya TA mahawsiswa tingkat akhir STPPH:

1. Donuts, Mix and Match
Penulis: Clarissa Lim, Henny Christian dan Sylvia Thenneil

2. The Simple Art of Napkin Folding
Penulis: Natalia Foe dan Isabella Anatalia

3. The Creation of Sambal Nusantara
Penulis: Eileen Senna, Lily Permatasari, Veronica & Wywonna Atmajaya

4. Oat-Standing
Penulis: Jeanika Widjaja, Yunni Clara, Melisa Wijaya

5. The Secret of Savory Eclairs
Penulis: Griselda Sumarga, Hana Atalya dan Julia Susanto

6. Kumpulan Jajanan Tradisional Nusantara
Penulis: Cynthia Catherina, Vani Yuliana, Yessica Florencia Kurnia

7. Es Krim Rasa Tradisional
Penulis: Desy Martinalova, Livia Kan dan Lianita

8. Rack and Shelves Design for Bathroom Amenities
Penulis: Melania Purnama, Suryadinata dan Silvia

9. Indonesian Progressive Cuisine
Penulis: Yosua Sugiarto, Steven Amijanto dan Andreas Budianto

Menariknya, pada saat peluncuran buku, mereka juga menampilkan contoh makanan yang tertulis di dalam buku tersebut. Semua pengunjung dapat mencicipi masakan inovatif nan lezat ini secara cuma-cuma. Beberapa di antaranya, donat mix and match yang bahan dasarnya dari berbagai macam tepung sayuran dan umbi-umbian, es krim rasa jajanan tradisional, makanan serba oat, dan camilan tradisional.

Pengunjung juga dapat mencicipi menu dari proses gastronomi molekuler, antara lain nasi uduk yang setelah melalui proses bentuknya menjadi seperti keripik, dan kue cubit yang berbentuk seperti spons.

"Makanannya sangat inovatif dan rasanya enak. Saya suka es krim rasa klepon dan nasi uduk. Semua yang di sini enak-enak," ujar salah satu pengunjung.

Tak hanya itu saja, pengunjung juga menyaksikan beragam kreasi cara melipat lap (napkin) dan rak-rak cantik untuk ditempatkan di kamar mandi.


(ROS)