Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan agar Liburan Lebih Hemat

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 03 May 2018 11:55 WIB
tips wisata
Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan agar Liburan Lebih Hemat
Berikut adalah beberapa tips merencanakan liburan. (Foto: Anete L?si?a/Unsplash.com)

Jakarta: Berlibur tak berarti kantong akan langsung bolong. Bahkan, bila direncanakan dengan baik, Anda bisa lebih berhemat dibandingkan saat mengatur pengeluaran keseharian. 

Berikut adalah beberapa tips merencanakan liburan, seperti dilansir Sheknows.com. 

1. Menyewa hostel
Hostel umumnya lebih murah daripada hotel dengan pilihan kamar yang tak kalah beragam. Selain itu, biasanya terdapat paket tur dan sarapan gratis sehingga lebih menghemat. Beberapa hostel juga menyediakan transportasi dari bandara/stasiun ke hostel. 

2. Pengeluaran untuk makanan
Salah satu hal yang disukai saat liburan adalah mencicipi kuliner lokal. Pilihlah jajanan pinggir jalan atau beli buah-buahan (yang umumnya harganya lebih murah daripada makanan lokal). Namun, pastikan proses pemasakan yang bersih agar tak sakit perut. 

(Baca juga: Tips Liburan Nyaman saat Datang Bulan)


(Hostel umumnya lebih murah daripada hotel dengan pilihan kamar yang tak kalah beragam. Selain itu, biasanya terdapat paket tur dan sarapan gratis sehingga lebih menghemat. Foto: Anete L?si?a/Unsplash.com)

3. Gunakan berbagai transportasi 
Gunakan transportasi umum untuk lebih menghemat uang. Misalnya, pilihlah bus daripada pesawat, meskipun lebih banyak waktu yang terbuang. Atau, pilihlah wisata kapal yang lebih hemat karena tak perlu berganti transportasi saat mengunjungi destinasi yang sifatnya kepulauan. 

4. Bijak dalam memilih tempat penukaran uang
Saat berlibur ke luar negeri, Anda perlu menukar uang sesuai dengan negara destinasi. Sebaiknya, tukarlah uang sebelum bepergian di tempat penukaran uang di negara Anda.

Menukar uang di bandara negara destinasi sangat tidak disarankan karena nilainya akan jauh lebih tinggi. Selain itu, bawalah uang tunai dalam jumlah banyak jika durasi berlibur cukup lama. 

5. Gunakan kartu kredit
Kartu kredit tidak membebankan biaya untuk transaksi asing, hal ini tentu menguntungkan bagi Anda yang tak mau pusing membandingkan kurs mata uang negara Anda dengan negara destinasi. 





(TIN)