Tiga Tips Memasak Nasi yang Enak

Raka Lestari    •    Minggu, 29 Jul 2018 16:14 WIB
tips memasak
Tiga Tips Memasak Nasi yang Enak
(Foto: The Loop)

Jakarta: Nasi menjadi makanan utama warga Asia. Di Indonesia, banyak orang merasa belum lengkap jika belum makan nasi.

Itu sebabnya, nasi menjadi kuliner yang penting sehingga ada berbagai cara memasak, tergantung Anda menginginkan tekstur nasi yang pulen atau tidak.

Dikutip dari Today, ada beberapa cara untuk menghasilkan nasi yang enak. Berikut ulasannya.

1. Cara merebus beras

Memasak nasi tak berbeda seperti memasak pasta. Tony Nogales, associate dean di The Culinary Institute of America menyarankan untuk menambahkan 1 liter air dan satu sendok garam, kemudian didihkan dengan cepat di atas api besar.

Tambahkan 1 cangkir beras dan aduk segera agar nasi tidak menempel ke dasar panci. Gunakan api sedang dan masak sampai nasi menjadi aron (12 menit untuk beras putih dan hingga 35 menit untuk beras merah gandum panjang). Setelah itu kukus beras.

2. Cara mengukus beras dengan rice cooker

Untuk cara memasak beras di rice cooker, Anda bisa mengikuti petunjuk yang sudah tersedia dan bisa menambahkan daun pandan atau bawang merah cincang ke dalam beras.

3. Cara memasak beras di microwave

Memasak beras dalam microwave memang butuh waktu yang lebih lama dan perlu beberapa tahapan cara. Tahap pertama yaitu dengan memasukkan satu cangkir air dan 1,5 cangkir beras dalam wadah. Kemudian masak selama 10-13 menit. Tahap selanjutnya keluarkan beras yang sudah dimasak, kemudian aduk dan masukkan kembali ke dalam microwave selama tiga menit sampai benar-benar matang.





(DEV)