Ikon Kota Bertuah

Pelangi Karismakristi    •    Minggu, 08 Apr 2018 19:00 WIB
galeriindonesiakaya
Ikon Kota Bertuah
Wisatawan memadati Pulau Lengkuas. (Foto: MI/ Rendy).

Jakarta: Bagi yang gemar plesiran, sudah pernahkah Anda berwisata ke Pulau Belitung? Bila berencana ke sana, ada beberapa pulau yang mesti Anda kunjungi, salah satunya Pulau Lengkuas.

Pulau Lengkuas ini memiliki ikon mercusuar, tingginya berkisar 62 meter, Anda pun bisa menaikinya jika ingin melihat pemandangan pantai dari ketinggian. Meskipun harus menaiki ratusan anak tangga, namun sampai di atas rasa lelah akan terbayar dengan panorama jajaran pulau eksotis dan birunya laut Belitung.

Mercusuar ini merupakan peninggalan Belanda sejak 1882. Hingga kini, mercusuar tersebut masih berfungsi untuk memantau kapa laut yang lewat maupun keluar masuk Pulau Belitung.

Jika Anda enggan menaiki mercusuar ini, bisa juga menikmati suasana laut dari sisi lainnya. Tidak jauh dari pulau ini ada spot snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang cantik. Rangkaian karangnya yang masih berumur muda, dan ikan-ikan yang berkeliling di sekitar anda sangat mengasyikan.

Tak puas jika cuma menikmati pemandangan lautnya saja. Anda juga mesti melihat budaya Belitung yang beragam dan masih dipertahankan, yakni Rumah Panggong yang sekaligus menjadi Museum Budaya Belitung. Di tempat ini, dapat melihat gambaran bagaimana kehidupan rumah bangsawan pada masanya dengan penduduk biasa, di mana terdapat perbedaan dari sisi tinggi rumah maupun ruangan-ruangan yang ada. 

Nah apabila Anda pecinta kopi, bisa mencicipi kopi Kong Djie yang menjadi ciri khas Belitung. Bukan hanya soal rasa, tapi juga soal harga dan sejarah cari kopi kong djie ini. Berawal dari nama Warung Kong Djie yang berdiri pada tahun 1943 dan terletak di Simpang Siberia, Tanjung Pandan.
 
Selain itu, Belitung juga terkenal dengan Sentra pakaian batik sepiak. Batik sepiak menjadi salah satu gerai batik terbaik di Belitung. Berdiri sejak 2010, sepiak berkomitmen mempromosikan Belitung melalui karya batik dengan kualitas terbaik hingga akhirnya konsumen yang turut berbelanja di gerai tersebut tidak hanya datang dari lokal melainkan hingga internasional.

Penasaran dengan lanjutannya? Simak selengkapnya dalam program IDEnesia Minggu, 8 April 2018 Pukul 21.30 WIB hanya di Metro TV.


(ROS)