Festival Sakura Matsuri, Upaya Mempererat Budaya Jepang dan Indonesia

Puput Mutiara    •    Minggu, 09 Apr 2017 06:00 WIB
pameran wisata
Festival Sakura Matsuri, Upaya Mempererat Budaya Jepang dan Indonesia
(Foto: Facebook Sakura Matsuri)

Metrotvnews.com, Bekasi: Festival Budaya Sakura Matsuri kembali digelar untuk keenam kalinya. Acara yang digagas Lippo Group didukung Komunitas Alumni Jepang Indonesia (KAJI) ini dimulai sejak 8 hingga 9 April. Festival tahunan tersebut sekaligus untuk mempererat pertukaran budaya antara Indonesia dan Jepang.

Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk Toto Bartholomeus mengatakan, bahwa Orange County sebagai Hub of Eastern Corridor sengaja menghadirkan keindahan bunga sakura pada Festival Sakura Matsuri supaya masyarakat Indonesia bisa ikut menikmati keindahan bunga khas negeri matahari yang mekar pada musim ini.

"Setiap tahun, jumlah pengunjungnya selalu bertambah. Pada Sakura Matsuri 2015 dikunjungi oleh 40 ribu orang, satu tahun kemudian meningkat hampir 80 ribu dan tahun ini target pengunjung mencapai lebih dari 100 ribu orang," ujarnya saat acara pembukaan Festival Sakura Matsuri di Cikarang, Bekasi, Sabtu (8/3).

Selain menampilkan keindahan bunga sakura, festival yang berlangsung selama dua hari itu juga diramaikan dengan Japan Culture Corner, Japanese Bazaar, Mr & Miss Sakura Competition, Japanese Karaoke & Japanese Speech Competition, dan Cosplay Competition.

Beberapa bintang tamu ikut dihadirkan diantaranya Yumi Akimoto, Lumina Scarlet, RenAi, Jakarta Keion Club & Cikarang Keion Club, Taiko Banteng, Soran Bushi Dance, serta pada saat acara puncak juga menghadirkan langsung band asal Jepang, Festive & Addiction.

"Selain menyelenggarakan Festival Sakura Matsuri, kami juga terus berkomitmen menjaga hubungan baik Indonesia-Jepang dengan memfasilitasi komunitas Jepang untuk tinggal, berbisnis dan mempererat pertukaran budaya kedua negara di Orange County," ungkap Toto.

Sebagai bukti, saat ini 60 persen dari total 12 ribu ekspatriat yang tinggal di Lippo Cikarang dan sekitarnya berasal dari Jepang. Serta ada lebih dari 4 ribu perusahaan Jepang dibuka di Lippo Cikarang dan kawasan industri sekitarnya dengan jumlah yang terus meningkat setiap tahun.

Toto mengklaim, pihaknya sangat menghargai kepercayaan investor Jepang yang telah hadir sehingga berkat itu perusahaan Jepang Sanko Soflan Holdings telah membeli Burbank yang merupakan tower ke-4 yang dibangun di Orange County. Harapannya ke depan, akan terus tercipta kerjasama-kerjasama baru terutama untuk kemajuan dua negara.

Bukan itu saja, di Orange County Lippo Cikarang juga telah beroperasi Hikari Japanese School yang merupakan sarana pendidikan yang baik bagi anak-anak ekspatriat Jepang. "Tidak menutup kemungkinan nantinya warga di Cikarang dan sekitarnya bisa langsung belajar tentang budaya dan bahasa Jepang di Hikari Japanese School tersebut," pungkasnya.


(DEV)