Pesan Solidaritas dari Indonesia dan Malaysia di Sahir Park, Baku

Yatin Suleha    •    Jumat, 19 May 2017 14:33 WIB
wisata budaya
Pesan Solidaritas dari Indonesia dan Malaysia di Sahir Park, Baku
Kegiatan Solidarity Day merupakan bagian dari event yang diselenggarakan seiringan dengan pelaksanaan Islamic Solidarity Games ke-4 di Baku, pada tanggal 12-22 Mei 2016. (Foto: Dok. Islamic Solidarity Games)

Metrotvnews.com, Jakarta: Islamic Solidarity Games merupakan pertandingan olahraga berbagai cabang yang dikuti oleh negara-negara Islam dan diselenggarakan oleh Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF). ISG di Baku akan mempertandingkan 21 cabang olahraga dan diikuti 54 negara Islam di dunia.

"Yang selalu perlu diingat dari kegiatan seperti Islamic Solidarity Games (ISG) dan rangkaiannya adalah perlunya negara-negara Islam di dunia memperkuat solidaritas," demikian disampaikan Duta Besar Husnan Bey Fananie, Duta Besar RI untuk Azerbaijan dalam kesempatan ‘Solidarity Day: Cultural Collaboration’. 



Dubes Husnan menambahkan bahwa kegiatan yang digagas oleh Indonesia-Malaysia merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ISG ke-4 dan bagian dari upaya Indonesia dan Malaysia untuk membangun solidaritas antar negara-negara Islam.

Kegiatan yang diusung oleh Indonesia dan Malaysia tersebut bertempat di pusat kota, Sahir Park, Baku merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia dan Malaysia kepada masyarakat di Baku. 

Duta Besar Husnan kembali menekankan bahwa pengenalan mengenai budaya merupakan langkah awal dan langkah penting dalam membangun solidaritas.



(Baca juga: Promosi Budaya Indonesia dan Penguatan Diplomasi Lewat Beasiswa Seni)

Hari itu, Sahir Park, taman di tengah kota baku, yang terletak tepat di samping kota bersejarah Ichere Sher dimeriahkan dengan suara musik Indonesia. Masyarakat Baku tampak berkerumun, turut bergabung dalam flash mob ‘Gemu Famire’ dan Sajojo’, atau sibuk berfoto dengan pasangan muda mudi Azerbaijan yang mengenakan pakaian pengantin Palembang. 

Pelajar Azerbaijan dari Azerbaijan University of Languages tampak dengan gembira mempertontonkan kemahiran mereka menarikan tarian tradisional Indonesia seperti Saman, Indang, Ondel- ondel dan sebagainya.

Turut mendukung kegiatan yang dimotori oleh KBRI Baku tersebut adalah Pemerintah Daerah Sumatra Selatan yang datang dipimpin oleh Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin. Pemda Sumsel khusus datang membawa empek-empek dan pakaian pengantin Palembang untuk masyarakat Azerbaijan. 

Keikutsertaan Pemerintah Daerah Sumatra Selatan di Baku kali ini, selain untuk menghadiri dan mendukung delegasi Indonesia untuk ISG ke-4, juga untuk mempromosikan Asian Games yang akan dilaksanakan di Palembang dan Jakarta pada tahun 2018.

Kegiatan Solidarity Day merupakan bagian dari event yang diselenggarakan seiringan dengan pelaksanaan Islamic Solidarity Games ke-4 di Baku, pada tanggal 12-22 Mei 2016. 







(TIN)