Jelajah Melbourne

Mengunjungi Sirkuit Albert Park, Lintasan Bersejarah Buat Rio Haryanto

Hilman Haris    •    Jumat, 07 Oct 2016 15:37 WIB
wisata australia
Mengunjungi Sirkuit Albert Park, Lintasan Bersejarah Buat Rio Haryanto
Sirkuit Albert Park digunakan untuk jalanan umum ketika tidak ada balapan (MTVN - Hilman)

SIRKUIT Albert Park di Kota Melbourne, Victoria, Australia mungkin menjadi lintasan balap yang akan selalu dikenang oleh pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto. Bukan apa-apa, sirkuit sepanjang 5,3 km itu menjadi saksi bisu momen debut Rio di ajang F1 2016. Di Sirkuit Albert Park pula, Rio menahbiskan diri sebagai pembalap Indonesia pertama yang tampil di F1 pada 20 Maret 2016.

Metrotvnews.com mendapat kesempatan langka untuk menyaksikan Sirkuit Albert Park dari dekat pada pertengahan September lalu. Momen ini bisa terjadi karena adanya kerja sama antara Metrotvnews.com dengan ABC International.

Sangat disayangkan Sirkuit Albert Park sedang tidak menggelar balapan saat Metrotvnews.com tiba.  Lantaran tidak ada agenda balapan, sirkuit tersebut digunakan untuk jalanan umum serta ruang publik. Tapi, pit stop tetap tertutup dari pengunjung. 


(Pit stop Sirkuit Alber Park bebas dikunjungi wisatawan saat tidak ada balapan)

Dari info yang didapat Metrotvnews.com, jalan raya Albert Park akan dipasang pagar pembatas seminggu sebelum balapan berlangsung. Lalu, pada sehari sebelum rangkaian balapan, area yang digunakan untuk lomba disterilkan dari kendaraan bermotor. Jika semua standar operasi itu sudah dilakukan, pembalap baru bisa melakukan latihan bebas pertama (free practice) yang biasa digelar dua hari sebelum balapan resmi berlangsung. 


(Patung legenda balap Australia, Sir Jack Brabham AO OBE dan Alan Jones MBE)

Jika dilihat dari dekat, sirkuit yang pertama kali dibuka pada 1953 itu terlihat sangat indah karena berada mengelilingi danau Albert Park. Pemandangan di sekitar sirkuit makin menyejukkan mata karena adanya hamparan rumput hijau yang bisa digunakan untuk jogging atau sekadar bersantai.


(Albert Park dilengkapi dengan trek untuk bersepeda)

Toh, area Albert Park tidak hanya digunakan untuk olahraga balap mobil. Oleh pemerintah Victoria, Albert Park juga disulap sebagai gelanggang olahraga. Di sana, ada trek untuk bersepeda serta sejumlah lapangan bola basket. Pengunjung bebas menggunakan semua sarana itu karena area Albert Park tidak dibatasi oleh pagar.


(Sejumlah lapangan basket di sebelah pit stop Sirkuit Albert Park)

Keriuahaan di Albert Park meningkat ketika F1 memasuki musim baru. Sebab, sirkuit tersebut selalu diplot sebagai seri pembuka F1. Penonton selalu disuguhkan oleh tontotan menarik tiap kali pembalap beraksi di sirkuit ini. Pasalnya, Albert Park memiliki banyak tikungan yang membuat pembalap selalu dituntut mengerahkan kemampuan terbaik serta konsentrasi maksimal.

Terlepas dari kerumitan fakta itu, Sirkuit Albert Park tetap memberikan kenangan manis buat Rio serta bangsa Indonesia. Sebab, untuk pertama kalinya dalam sejarah ada pembalap asal negeri ini tampil di panggung tertinggi balap mobil internasional, F1.

Fakta sirkuit  Albert Park, Melbourne
Panjang sirkuit: 5,3 kilometer
Jumlah tikungan: 16 (6 ke kiri, 10 ke kanan)
Jumlah lap: 58
Jarak balapan: 307.574 kilometer
Rekor lap tercepat : 1 menit 24,125 detik oleh Michael Schumacher (Ferrari) pada 2004
Daftar juara 5 tahun terakhir: 
2016: Nico Rosberg (Mercedes)
2015 Lewis Hamilton (Mercedes)
2014: Nico Rosberg (Mercedes)
2013: Kimi Raikkonen (Lotus) 
2012: Jenson Button (McLaren)


(HIL)