Lima Bahan Makanan Ini Tidak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak

Raka Lestari    •    Minggu, 29 Jul 2018 10:41 WIB
tips memasak
Lima Bahan Makanan Ini Tidak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak
(Foto: Reader Digest)

Jakarta: Mencuci bahan makanan sebelum diolah memang menjadi cara terbaik agar bakteri yang menempel hilang. Namun, ada beberapa makanan yang ternyata tidak perlu dicuci sebelum diolah.

Seperti bahan makanan di bawah ini, yang apabila dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak justru bisa menimbulkan kontaminasi silang bakteri ke banyak tempat, hingga berubah tekstur dan rasanya.

1. Daging unggas dan ikan

Menurut Eric Sieden, direktur nutrisi dan layanan makanan untuk Glen Cove, Plainview, dan Rumah Sakit Syosset di New York, mencuci daging unggas dan ikan dapat meningkatkan terjadinya kontaminasi bakteri ke banyak tempat.

"Mencuci ayam mentah di wastafel meningkatkan penyebaran bakteri di wastafel dan seluruh dapur," jelasnya seperti dilansir Reader's Digest.

Jadi, cara terbaik untuk menghilangkan bakteri pada daging ialah dengan memasaknya pada suhu matang.

2. Daging merah

Sama seperti daging unggas dan daging yang bisa menyebarkan bakteri, mencuci daging merah juga dapat meningkatkan kelembabannya.

"Kelembaban yang meningkat selama daging dicuci akan menciptakan uap yang juga akan mempengaruhi rasa," kata Sieden.
Jika Anda tidak bisa menghilangkan kebiasaan mencuci daging, gunakan handuk kering atau tisu untuk menyerap kelembapan dan selalu bersihkan wastafel Anda dan permukaan terdekat sesudahnya.

3. Jamur

Sama seperti daging, jamur juga bisa mengalami perubahan rasa dan konsistensi jika terkena air.

"Para ahli masak menyarankan Anda untuk tidak mencuci jamur sebelum memasaknya tetapi bisa membersihkannya dengan menggunakan kertas atau paper towel," kata Seiden.

Karena jamur menyerap air, jadi jauhkan jamur dari air agar teksturnya tidak berubah, ujar Sieden.

4. Telur

Anda tidak perlu mencuci telur yang biasa dibeli di supermarket. Hal ini karena sebelum dijual, biasanya telur-telur tersebut sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Menurut USDA, telur memiliki lapisan alami pada cangkang yang melindungi bagian dalam telur tersebut. Anda perlu memastikan untuk memasak kuning telur sampai matang untuk mencegah keracunan makanan dari salmonella atau bakteri lain yang mungkin berada di dalam cangkang.

5. Pasta

Banyak orang yang membilas pasta setelah memasaknya, tetapi hal itu justru bisa mengurangi rasa dari pasta itu sendiri. Dengan membilasnya, Anda hanya mengurangi zat pati dari pasta itu sendiri yang membuat saus akan sulit menempel dengan sempurna pada pasta.

Biji-bijian seperti beras atau quinoa, harus selalu dicuci dengan air sebelum Anda mulai memasaknya, untuk mendapatkan rasa dan konsistensi yang tepat.




(DEV)