Kurang Tidur Membuat Seseorang Terlihat Tak Menarik

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 20 May 2017 19:07 WIB
tidur
Kurang Tidur Membuat Seseorang Terlihat Tak Menarik
Kurang Tidur Membuat Seseorang Terlihat Tak Menarik (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Cukup tidur adalah hal yang memang penting. Sebuah studi dari  Stockholm University menemukan bahwa kurang tidur membuat seseorang terlihat kurang menarik secara signifikan.

Selain itu, adanya mata bengkak dan lingkar hitam di sekitar mata membuat lain malas mengajak Anda berkencan.

Penelitian tersebut memotret wajah 25 sukarelawan tanpa make up setelah hanya tidur 7,5 jam selama dua malam berturut-turut dan memotret mereka kembali setelah hanya tidur 4,5 jam dua malam berturut-turut.

Kedua foto tersebut ditunjukkan pada 122 orang asing di Swedia yang diminta untuk menilai bagaimana daya tarik, kesehatan, pola tidur, dan seberapa dapat dipercaya orang dalam foto tersebut kemudian mereka ditanyakan apakah mau bersosialisasi dengan subyek.

Tingkat kepercayaan pada subyek tidak mengalami perubahan, namun mereka tidak terlalu ingin bersosialisasi dengan orang-orang dalam foto yang kurang tidur karena dinilai kurang menarik, kurang sehat dan suka mengantuk.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kebanyakan orang menghindari orang-orang yang terlihat lelah atau sakit agar tak tertular penyakit.


(ELG)