Mengintip Surga Tersembunyi di Filipina

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 07 Dec 2017 11:34 WIB
wisata pantai
Mengintip Surga Tersembunyi di Filipina
Panglao merupakan salah satu tujuan favorit di Filipina (Foto:Bohol-guide.com)

Jakarta: Liburan menjadi momen yang selalu dinanti. Banyak orang memanfaatkan liburan sebagai obat stres, menghilangkan kepenatan, dan merekatkan hubungan dengan keluarga atau pasangan.

Bila Anda tengah merencanakan liburan, coba lirik Filipina. Ada apa di sana? Secara geografis, Filipina terletak di lingkar Pasifik Barat dan memiliki lebih dari 7 ribu pulau. Ribuan pulau itu dihiasi perairan yang berwarna turquoise, pasir putih, dan kehidupan laut yang begitu beragam. Bisa dipastikan, di sana Anda akan menemukan pemandangan luar biasa memukau.

Di antara ribuan pulau tersebut, ada enam pulau yang layak Anda kunjungi. Keindahan pemandangannya aduhai bak surga.


1. Panglao, Bohol
 
Panglao menawarkan sebuah pulau yang indah dan sepi, cocok untuk para wisatawan yang ingin merasakan liburan dengan tenang. Di sini, Anda bisa menonton atraksi lumba-luma, ikan paus, dan menyaksikan pemandangan bawah laut yang indah. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu tujuan favorit di Filipina.

Tak hanya pantai, Bohol terkenal dengan Chocolate Hills. Diberi nama Chocolate Hills karena bukit tersebut akan berubah menjadi warna coklat saat musim kemarau dan rumput mengering.
 
Pulau Panglao terletak di sebelah barat daya Bohol dan timur Cebu. Bagi Anda yang ingin ke sana, bisa terbang dari Manila ke Tagbilaran Airport. Kemudian melakukan perjalanan selama 30 menit dari bandara menuju Pulau Panglao.


2. Palawan (El Nido)


(Foto:Stuff.co.nz)

El Nido memiliki pantai yang cantik dan air yang bersih. Lepas pantai El Nido terdiri dari batu kapur, laguna, tebing marmer, gua prasejarah, dan air terjun. Bahkan di sana terdapat 50 pantai yang bisa Anda eksplorasi seperti pulau pribadi.

Pulau El Nido sangat dikenal kalangan penyelam. Di perairan ini terdapat 50 spesies karang, paus, hiu paus, sapi laut, pari manta, lumba-lumba, hingga kura-kura.

Untuk menuju El Nido, Anda bisa menggunakan pesawat dari Manila ke Puerto Princesa. Kemudian, Anda akan menempuh jalur darat selama 5 jam menuju El Nido.


3. Pulau Bantayan, Cebu


(Foto:Thousandwonders.net)

Pulau Bantayan belum tersentuh kehidupan modern. Hanya ada segelintir orang asing tinggal di sana. Pulau ini dihiasai pasir putih, perairan bersih, dan pemandangan indah saat matahari terbenam.

Bantayan sekarang menampung beberapa desa nelayan. Di pulau yang terletak di Barat ujung utara Cebu ini, Anda bisa menemukan jejak warisan rumah era Spanyol yang sekarang menjadi reruntuhan benteng.

Kini, popularitas Pulau Bantayan meningkat, terutama di kalangan para backpacker. Meski demikian, pantainya tetap terjaga dan tidak terlalu ramai.

Untuk menuju Pulau Bantayan, wisatawan bisa terbang dari Manila menuju Cebu. Lalu menempuh jalur darat selama tiga jam dari bandara udara ke pelabuhan. Perjalanan dilanjutkan lagi selama satu jam menggunakan kapal feri.


4. Borocay


(Foto:Lets-go-philippines.com)

Untuk menuju ke tempat itu, Anda bisa terbang dari Manila ke Kalibo, Aklan. Kemudian menuju dermaga penyeberangan sekitar satu jam dari bandara, lalu menyabrang selama 15 menit untuk sampai ke Pulau Borocay.

Borocay merupakan tempat liburan paling populer di Filipina. Di sana Anda bisa menikmati indahnya pantai pasir putih, gua, tebing yang terpencil. Selain berenang di pantai, Anda bisa menikmati olahraga air, seperti snorkeling, diving, parasailing, cliff diving, dan masih banyak lagi.

Pada malam hari, tempat ini ramai dengan restoran yang menawarkan berbagai sajian lezat. Cahaya lampu dan hiasan lilin, bar yang nyaman, membuat suasana malam makin romantis.


5. Pulau Samal


(Foto:Keepcalmandwander.com)

Pulau Samal merupakan tujuan wisata yang sedang berkembang. Letaknya di pesisir Teluk Davao, selatan Filipina. Pulau ini menyuguhkan pantai pasir putih yang membentang sepanjang 118 kilometer.

Anda tak hanya bisa menikmati suasana pulau, karena di sini juga ada air terjun dan beberapa gua menakjubkan. Untuk menuju ke sana Anda bisa terbang dari Manila ke Davao, kemudian menggunakan kapal feri selama 10 menit. Sejumlah resort bisa Anda pilih untuk menginap, mulai dari yang mewah hingga kelas backpacker.


6. Pulau Camiguin


 (Foto:Wikimedia)

Camiguin adalah pulau volkanik berbentuk buah pir, tak jauh dari ujung utara Mindanao. Pulai ini merupakan yang terkecil kedua di Filipina, jaraknya hanya 23 kilometer dan panjangnya 14 kilometer.

Di sana ada tujuh gunung berapi. Pulau kecil ini lahir karena aktivitas vulkanologi. Selain pantai, Camiguin juga menyuguhkan air terjun, laguna dan sumber air baik panas maupun dingin. Anda bisa menikmati alamnya dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda motor.

Menarik bukan? Nah, bagi Anda yang ingin ke Filipina, maskapai AirAsia kini membuka rute baru. Anda bisa terbang langsung dari Jakarta ke Manila, atau melalui Denpasar ke Manila.

Rute penerbangan Jakarta-Manila dengan harga promosi mulai Rp890 ribu pada 9 Januari hingga 24 Maret 2018. Sementara, penerbangan Bali-Manila harga promosi Rp990 ribu, pada 19 Januari sampai 24 Maret 2018.

Penerbangan AirAsia dari Bandara Soekarno Hatta (CGK) dan Bandara I Gusti Ngurah Rai (DPS) Bali ke Bandara Internasional Ninoy Aquino Manila dijadwalkan mulai Januari 2018.

Jangan lewatkan kesempatan berlibur ke Filipina dengan memanfaatkan harga promo di sini.

 


(ROS)