Tips Hindari Makan Berlebih saat Liburan

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 04 Nov 2017 23:22 WIB
tips wisata
Tips Hindari Makan Berlebih saat Liburan
Tips Hindari Makan Berlebih saat Liburan (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nafsu makan akan meningkat ketika sedang liburan. Itu berarti kita cenderung makan berlebih dalam beberapa hari. Berbagai makanan yang baru pertama kali dilihat membuat mulut ingin terus mengunyah.

Bagi Anda yang takut hal tersebut akan membahayakan sistem pencernaan, berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang tak ingin makan berlebihan selama liburan.

1. Pastikan kenyang atau lapar
Meskipun terdengar sepele, tak sedikit orang yang tak bisa membedakan apakah dirinya lapar atau kenyang saat liburan. Oleh karena itu, makanlah saat lapar dan berhentilah saat kenyang. Makan bisa melepaskan rasa bosan dan menjadi hiburan, namun pastikan makanan tersebut sehat.

2. Mengambil jeda saat makan
Rasa lapar yang muncul saat mulai makan akan berubah ketika Anda sedang makan. Oleh karena itu, berhentilah sejenak untuk mengetahui apa yang perut rasakan. Jika kenyang, berhentilah mengunyah.

3. Pesan makanan sehat
Pesanlah makanan sehat seperti buah atau sayur sebelum mengkonsumsi makanan inti. Kemudian, pastikan apakah Anda masih lapar atau tidak. Setidaknya, pilihlah makanan yang baik untuk tubuh meskipun porsi berlebih.

4. Bawa makanan sendiri
Bawalah makan sendiri saat sedang bertualang sebagai cemilan, seperti kacang-kacangan atau buah yang jelas bernutrisi. Jika terlalu asik berkelana atau tak menemukan makanan yang menggugah selera, Anda tak akan sembarang membeli makanan karena masih memiliki bekal.

5. Minum banyak air
Terkadang, Anda salah mengartikan dehidrasi dengan lapar. Oleh karena itu, minumlah air putih terlebih dahulu sebelum membeli makanan.

6. Berjalan kaki
Sebelum makan, cobalah bergerak terlebih dahulu. Lakukan olahraga kecil supaya pikiran untuk makan terlupakan.
(ELG)