8 Makanan Kaya Vitamin B12 Selain Daging

Torie Natalova    •    Rabu, 31 May 2017 13:57 WIB
kesehatan
8 Makanan Kaya Vitamin B12 Selain Daging
Sebutir telur yang besar dapat memberi Anda sebagian protein berkualitas tinggi dan 0,6 mikogram vitamin B12. Kuning telur merupakan sumber B12 yang tinggi. (Foto: Prevention..com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Belakangan ini, banyak orang yang memilih untuk menghindari konsumsi daging dan beralih ke vegetarian. Bukan tanpa alasan, mereka memilih mengonsumsi lebih banyak sayuran untuk menghindari kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi.

Tetapi, jika Anda tidak hati-hati, diet vegetarian yang tidak seimbang dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting seperti B12, vitamin yang tidak hanya penting untuk fungsi otak yang sehat tetapi juga semakin sulit bagi tubuh untuk menyerap saat kita bertambah tua.

Kekurangan vitamin B12 mungkin merasa kelelahan, mual, lemah otot, dan kesemutan di tangan dan kaki. Vitamin B12 lebih banyak ditemukan pada daging dan produk hewani lainnya. 

Jika Anda tidak mengonsumsi produk hewani, cobalah mendapatkan vitamin B12 dari bahan makanan berikut ini.

(Baca juga: Meski Tak Sebaik Daging, 7 Makanan Ini Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin B12)



1. Sereal
Granola atau sereal dengan kadar gula rendah dapat membantu Anda mengawali hari dengan baik. Anda bisa menjadikannya camilan tanpa mencampurnya dengan susu.



2. Susu sapi

Bagi beberapa orang, laktosa (gula dalam susu sapi) dapat menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Namun, bagi mereka yang tak masalah dengan susu, protein susu mengandung nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, potasium dan B12.



3. Telur
Sebutir telur yang besar dapat memberi Anda sebagian protein berkualitas tinggi dan 0,6 mikogram vitamin B12. Kuning telur merupakan sumber B12 yang tinggi. 



4. Greek yogurt
Seperti susu, Greek yogurt mengandung protein dan B12. Namun, pastikan Anda mengonsumsi yogurt tanpa pemanis atau rasa untuk menghindari penambahan gula. Anda bisa menambahkan bluberi atau stroberi di atas yogurt untuk menambah rasa manis yang alami.



5. Nutritional yeast
Bahan makanan ini bisa dijadikan pengganti keju karena rasanya yang mirip dengan keju parmesan. Seperti namanya, ini memberi bayak nilai gizi dari protein hingga zat besi dan diperkaya dengan vitamin B12. Taburi nutritional yeast di atas campuran sayuran hijau, sup, pasta atau bahkan popcorn.



6. Tempe
Beberapa tempe mengandung mikroorganisme yang menghasilkan B12. Tempe juga berfungsi sebagai protein nabati yang baik dan memberi Anda banyak serat tanpa lemak jenuh atau kolesterol.



7. Jamur shitake
Jamur shitake kering telah terbukti mengandung kadar B12 yang signifikan. Upayakan untuk mengonsumsi jamur shitake dalam porsi besar unruk mencapai jumlah terbaik asupan vitamin B12.



8. Nori atau rumput laut
Lembaran nori atau rumput laut penuh dengan B12. Anda perlu makan sekitar 4 gram rumput laut (1 lembar sekitar 0,3 gram). Namun, jika Anda makan sushi atau makanan ringan yang dibuat dari nori secara alami, Anda sudah meraih asupan B12 yang baik.







(TIN)