Kementerian Pariwisata Launching Branding Baru 10 Destinasi Pariwisata

Yatin Suleha    •    Kamis, 15 Jun 2017 14:17 WIB
berita kemenpar
Kementerian Pariwisata Launching Branding Baru 10 Destinasi Pariwisata
Menteri Pariwisata Republik Indonesia, diwakili Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar, I Gde Pidana melaunching The 10 Destination Branding. (Foto: Metrotvnews.com/Yatin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pariwisata Republik Indonesia, diwakili Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar, I Gde Pidana melaunching The 10 Destination Branding. 

Kesepuluh destinasi pariwisata ini dinilai paling siap dibranding dalam rangka mendukung brand Wonderful Indonesia di kancah internasional, yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (14/6/17) lalu.

Kesepuluh destinasi pariwisata dengan branding baru tersebut adalah Bandung (Jawa Barat),
Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan 
Banyuwangi.


(Band Kamila membuka acara launching The 10 Destination Branding Kemenpar. Foto: Dok. Metrotvnews.com/Yatin)

Penyusunan dan peluncuran branding terhadap 10 destinasi pariwisata tersebut adalah sebagai upaya penyelarasan master-brand (Wonderful Indonesia) dengan sub-brand (branding destinasi), sehingga memperkuat positioning dari master-brand Wonderful Indonesia sekaligus tercipta sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional.

(Baca juga: 10 Destinasi Wisata Favorit Di Indonesia Selama 2016)

Deputi BP3M, I Gede Pidana mengatakan, untuk meningkatkan pemahaman branding tersebut kepada seluruh pemangku kepentingan, tentu perlu diberikan penjelasan lebih lanjut, agar tercipta sinergi antara pusat dan daerah terkait memajukan pariwisata.

"Kesiapan 10 destinasi pariwisata tersebut telah menenuhi unsur 3A (Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas), dan paling siap sehingga akan mempermudah dibranding dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini ditargetkan sebesar 15 juta dan ditingkatkan menjadi 20 juta pada 2019,"  jelas Pitana.

Kementerian Pariwisata sangat konsisten mendukung daerah untuk tampil dalam berbagai kegiatan promosi di mancanegara dengan master brand Wonderful Indonesia. 


(Putri Pariwisata Coral Wonders yang mewakili informasi seputar Wakatobi, Bunaken dan Raja Ampat. Foto: Dok. Metrotvnews.com/Yatin)

"Saya paham, bukan hanya Pak Presiden Jokowi yang galau memikirkan national brand, tetapi banyak pemimpin dunia pun yang galau memikirkan hal seperti ini," katanya.

Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Noviendi Makalam mengatakan, keistimewaan daya tarik pariwisata di 10 destinasi utama, saat ini dapat dilihat pada pameran bersamaan dengan acara launching bertempat di lobby lantai 1 Gedung Sapta Pesona. 

Dalam kesempatan ini, pada booth-booth setiap destinasi akan memperlihatkan dan memperkenalkan branding destinasi dan cara pengaplikasiannya.


(Putri Pariwisata Lombok siap memberikan informasi terkait dengan destinasi baru di tempat tersebut. Foto: Dok. Metrotvnews.com/Yatin)

"Putri Pariwisata berada di setiap booth, siap menjelaskan dan membantu pengunjung yang ingin mencari tahu mengenai filosofi 10 branding baru destinasi itu. Serta memberikan kesempatan kepada perwakilan daerah untuk menunjukkan keistimewaan dari daerahnya masing-masing melalui booth yang ada," ucap Noviendi.

Acara launching The 10 Destination pariwisata Indonesia dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian dalam kemasan cultural wonders dengan penampilan tari tradisional, fashion show, pertunjukan musik oleh Band Kamila serta alunan musik daerah yang dipersembahkan oleh Andien.









(TIN)