Taman Air Mancur Sri Baduga Habiskan Rp20 Juta Sekali Atraksi

   •    Rabu, 22 Feb 2017 20:45 WIB
berita purwakarta
Taman Air Mancur Sri Baduga Habiskan Rp20 Juta Sekali Atraksi
Taman Air Mancur Sri Baduga (Foto: Youtube)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah diresmikan Menteri Pariwisata Arief Yahya, Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta bakal show setiap Sabtu secara rutin. Tidak dipungut biaya, tidak ada tiket, alias gratis untuk menyaksikan air mancur menari yang biasa disebut dengan waterfountain itu.

Banyak yang bertanya-tanya, apa tidak rugi? Apa tidak boros? Kalau setiap pekan harus mengoperasikan air menari, lengkap dengan beban listrik, operator, maintenance, pengamanan, sampah, pengaturan lalulintas dan lainnya?

"Inilah cara pemerintah daerah Purwakarta untuk menghidupkan ekonomi kreatif dan pariwisata lokal. Sekali show, membutuhkan Rp20 juta untuk operasional, tetapi bisa membuat pedagang, restoran, kafe, souvenir shop, dan 1.500 UMKM di Purwakarta hidup dan memperoleh omzet di atas Rp2 juta. Tugas Pemda adalah mendorong ekonomi bergulir," tutur Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta.

Dia menjelaskan, Taman Air Mancur Sri Baduga ini telah melalui proses panjang, untuk menjadi seperti sekarang. Karena itu, disebut Peresmian Tahap III Taman Air Mancur ini tahun 2017.

"Wajah Kota Purwakarta kami tata dengan rapi, bersih, dan taman yang indah,” jelas Kang Dedi, panggilan Bupati Dedi Mulyadi yang Ketua DPD Golkar Jabar itu.

Menurut dia, Taman Air Sri Baduga awalnya adalah danau kecil yang disebut dengan Situ Buleud. Situ itu danau, buleud itu artinya bulat.

Karena berada di tengah-tengah kota. Kini air mancur Taman Sri Baduga ini sudah menjadi air mancur terbesar se-Asia Tenggara, dengan luas ± 3 hektar. Air mancur ini merupakan pengembangan dari destinasi wisata Situ Buleud yang dibangun sejak tahun 2013 dan mulai diresmikan tahap pertama pada bulan Januari Tahun 2014.


 


(ELG)