Sunflower Festival, Destinasi Wajib Saat Melancong ke Thailand

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 28 Nov 2017 12:08 WIB
Sunflower Festival, Destinasi Wajib Saat Melancong ke Thailand
Untuk para pelancong yang ingin merasakan sensasi berbeda, jauh dari hiruk pikuk Bangkok dan menikmati sejuknya alam Thailand, Lopburi adalah tempatnya. (Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Bangkok: Bangkok tak hanya satu-satunya destinasi di Thailand yang memiliki pesona keindahan kuil dan keragaman budaya. Untuk para pelancong yang ingin merasakan sensasi berbeda, jauh dari hiruk pikuk Bangkok dan menikmati sejuknya alam Thailand, Lopburi adalah tempat wajib yang bisa dikunjungi.
 
Lopburi menawarkan hamparan padang bunga matahari yang sangat cantik atau yang dikenal dengan Sunflower Festival.

Lokasi padang bunga matahari terletak di distrik Phatthana Nikhom yang berjarak kurang lebih 10 km atau sekitar 30 menit berkendara dari stasiun kereta Lopburi. Saat tiba di Stasiun Lopburi, tawar menawar dengan taksi atau travel itu wajib hukumnya untuk mendapatkan harga murah menuju padang bunga matahari.


(Datanglah ke Lopburi sekitar pertengahan bulan November hingga Januari. Di mana Anda akan melihat bunga matahari mekar dengan sempurna. Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)
 
Terdapat beberapa ladang bunga matahari di distrik Phatthana Nikhom. Ada yang gratis dan terdapat juga ladang bunga yang mengharuskan kita untuk membayar 10 baht atau sekitar Rp4.000.

Datanglah ke Lopburi sekitar pertengahan bulan November hingga Januari. Di mana Anda akan melihat bunga matahari mekar dengan sempurna. Selain itu, kota ini juga banyak dihuni oleh monyet-monyet jenis Macaque. Dan pada bulan November, terdapat Monkey Festival, di mana monyet-monyet tersebut akan disuguhi makanan di sekitar candi.

(Baca juga: Mengunjungi Sang Buddha di Thailand)

Perjalanan ke Lopburi

Tak sulit untuk berkunjung ke Lopburi yang masuk dalam kawasan Thailand Tengah (Central Plains). Anda bisa memilih perjalanan dengan harga termurah.

Pertama, jika Anda menginap di Bangkok, Anda hanya perlu menggunakan BTS Skytrain menuju stasiun Sala Daeng atau Asok (interkoneksi dengan MRT). Selanjutnya gunakan MRT ke arah Hua Lamphong yang juga merupakan stasiun terakhir. Untuk naik kereta ke Ayutthaya, kita bisa berangkat dari stasiun Hua lamphong (interkoneksi dengan MRT).
 
Tiba di stasiun Hua lamphong, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu. Terdapat beberapa pilihan menuju Lopburi, kereta kelas 2 yang harganya sekitar 350 Baht, atau memilih menggunakan kereta ekonomi dengan harga 28 Baht. Harga tiket kereta juga berhubungan dengan jadwal kereta serta lama perjalanan dan ketersediaan tempat duduk.


(Butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan kereta ekonomi menuju stasiun Lopburi. Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)
 

Jika menggunakan kereta ekonomi, Anda akan mendapatkan tiket tanpa nomor kursi. Untuk mendapatkan kursi, semboyan ‘siapa cepat dia dapat’ berlaku saat naik kereta ini. 

Berbeda dengan kereta ekonomi di Indonesia yang sudah ber AC dan bebas dari pedagang kaki lima, di Thailand, kereta ekonomi hanya menggunakan kipas angin dengan jendela yang terbuka lebar. Ditambah dengan lalu lalang penjaja makanan menawarkan barang dagangannya. Di sisi lain, dengan kereta ekonomi kita bisa lebih dekat dengan kehidupan lokal masyarakat Thailand.
 
Butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan kereta ekonomi menuju stasiun Lopburi. Selain dengan kereta, Anda juga bisa menuju Lopburi menggunakan minivan dari BTS Victory Monument dengan harga sekjitar 120 Baht per orangnya.
 
Tak hanya padang bunga matahari dan Monkey Festival, Lopburi juga memiliki candi-candi dari masa pemerintahan Khmer, seperti Wat Phrasi Mahatat, Wat Nakorn Kosa, serta Phra Prang Sam Yot.







(TIN)