Mudahnya Mencari Tempat Ibadah di Mal Ternama di Bangkok

Anindya Legia Putri    •    Rabu, 29 Nov 2017 11:03 WIB
Mudahnya Mencari Tempat Ibadah di Mal Ternama di Bangkok
Seperti halnya ketika para pelancong muslim berkunjung ke Thailand, pemerintah setempat telah menawarkan muslim friendly travel, dengan menyediakan berbagai restoran halal dan musala. (Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Bangkok: Berdasarkan data dari Tourism Thailand, sekitar 95 persen penduduk Thailand menganut agama Buddha Theravada, sekitar 4 persen beragama Islam (terutama di daerah selatan), dan sisanya beragama Kong Hu Cu, Kristen, Hindu serta Taoisme. Namun toleransi agama berjalan sangat baik di Thailand dan dilindungi oleh Undang-Undang.

Seperti halnya ketika para pelancong muslim berkunjung ke Thailand, pemerintah setempat telah menawarkan muslim friendly travel, dengan menyediakan berbagai restoran atau tempat makan berlogo halal dan juga masjid atau musala yang tersebar di setiap sudut kota Thailand.


(Mengisi data diri berupa nama dan paraf sebelum masuk musala di Siam Paragon. Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

Untuk makanan halal, sertifikasi makanan halal di Thailand dilaksanakan oleh Halal Standard Institute of Thailand, di bawah naungan Central Islamic Committee of Thailand. Sedangkan untuk Anda yang hobi berbelanja, pemerintah Thailand juga menyediakan musala atau surau di tempat-tempat perbelanjaan ternama di Bangkok, khususnya.

Berikut beberapa tempat belanja yang menyediakan sarana ibadah atau musala yang nyaman bagi umat Muslim:

1. MBK Center, Buka: 10.00 pagi - 10.00 malam
Salah satu mal terlengkap di Bangkok yang menjadi tujuan wajib para pelancong adalah MBK Center. Mal ini menyediakan berbagai pernak-pernik oleh-oleh dari makanan, tas, hingga pakaian. Namun jangan sampai keseruan berbelanja di MBK Center membuat para pelancong muslim lupa akan kewajiban salat lima waktu. 

Namun Anda tak perlu khawatir, MBK Center menyediakan musala yang nyaman dengan alat sholat yang bersih, yang terletak di lantai 6 untuk musala untuk laki-laki, dan lantai lima untuk musala wanita. Musala di MBK Center memiliki fasilitas pendingin ruangan, sejadah, sarung serta mukena yang harum dan bersih. 

(Baca juga: Mengunjungi Sang Buddha di Thailand)


(Tempat salat yang bersih membuat nyaman beribadah. Foto: Metrotvnews.com/Anindya Legia Putri)

2. Siam Paragon, Buka: 10.00 pagi - 10.00 malam
Di Siam Paragon, musala untuk pria dan wanita berada di satu tempat, yakni di lantai B1 (basement), South Wing Siam Paragon. Terdapat penjaga di depan musala Siam Paragon.

Menyapa ramah, penjaga tersebut meminta para pengunjung untuk mengisi data diri berupa nama dan paraf sebelum masuk musala. Sama denan MBK Center, musala di Siam Paragon juga menawarkan alat salat yang bersih dan wangi. Terdapat juga loker barang di dalam musala tersebut. 

3. Platinum Mall, Buka : 09.00am-20.00pm
Selain MBK Center, Platinum Mall adalah surga belanja untuk para pelancong. Harga yang ditawarkan dirasa lebih murah ketimbang di MBK Center, namun dengan kualitas yang sama. Mal ini juga menyediakan musala untuk laki-laki yang berada di pojok sebelah lift lantai lima dekat kantor bank, sedangkan musala wanita terletak di lantai dua.







 
(TIN)