Alasan Generasi Milenial Lebih Senang Liburan ke Luar Negeri

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 07 Dec 2017 12:39 WIB
wisatagenerasi milenial
Alasan Generasi Milenial Lebih Senang Liburan ke Luar Negeri
Sebanyak 80 persen dari generasi milenial menentukan destinasi wisata dengan dipengaruhi media sosial. Orang berbagi pengalaman melalui media sosial saat ini. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Liburan kini tak hanya menjadi pelepas penat namun juga memelajari hal baru. Inilah salah satu alasan mengapa generasi milenial senang melakukannya.

Salah satu negara yang merasakan lonjakan wisatawan milenial Indonesia adalah Hong Kong.

"Generasi milenial yang berlibur ke Indonesia 32 persen lebih banyak daripada generasi sebelumnya, yaitu generasi X, dan 44 persen lebih banyak dari generasi Baby boomer," ujar Simon Wong selaku Regional Director Southeast Asia dari Hong Kong Tourism Board (HKTB) dalam temu media, Rabu 6 Desember 2017 lalu.

Jumlah pariwisata dari Indonesia ke Hong Kong sendiri mengalami peningkatan sebanyak 7,1 persen dari Januari-Oktober 2016 ke 2017. Dalam waktu setahun terjadi penambahan jumlah total wisatawan Indonesia dari 373.543 orang menjadi 389.491 orang.


(Jumlah pariwisata dari Indonesia ke Hong Kong sendiri mengalami peningkatan sebanyak 7,1 persen dari Januari-Oktober 2016 ke 2017. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata saat Jalan-jalan ke Hong Kong)

Berbicara soal generasi milenial, Simon menjabarkan bahwa ada tiga alasan mengapa generasi milenial ingin berlibur. Berdasarkan data dari Indonesia Central Statistic Agency, 75 persen dari mereka ingin mengunjungi tempat yang belum pernah mereka kunjungi. Sementara 69 persen mengaku ingin mencoba sesuatu yang baru.

Ketiga, alasan mereka berlibur adalah belajar tentang sesuatu yang baru, yaitu sebanyak 65 persen.

Makanan khas juga menjadi ketertarikan tersendiri bagi para wisatawan milenial dimana 69 persen dari mereka ingin mencoba makan menu hidangan setempat. Namun, sepertinya pengetahuan akan budaya di tempat mereka bertandang lebih membuat mereka penasaran dengan persentase sebesar 86 persen.


(Sebanyak 80 persen dari generasi milenial menentukan destinasi wisata dengan dipengaruhi media sosial. Orang berbagi pengalaman melalui media sosial saat ini. Foto: Pixabay.com)

Lalu bagaimana cara generasi milenial memilih tempat wisata?

"Sebanyak 80 persen dari mereka menentukan destinasi wisata dengan dipengaruhi media sosial. Orang berbagi pengalaman melalui media sosial saat ini," jawab Simon.

Oleh karena itu, ia mengaku bahwa strategi promosi di media sosial cukup gencar dilakukan, salah satunya di Instagram. Dengan diunggahnya foto tentang Hong Kong oleh wisatawan, maka yang melihat pun bisa membayangkan bagaimana indahnya negara tersebut.

"Kami juga mengunggah ulang foto wisatawan yang menggunakan tagar #DiscoveryHongKong sebagai bentuk promosi," tandas Simon. 









(TIN)